Nasional | KPK Indikasikan Tahan Andi Mallarangeng

Andi Mallarangeng (kanan) dan Rizal Mallarangeng (kiri) saat di wawancarai wartawan.

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengidikasikan akan menahan tersangka kasus dugaan penyalahgunaan kewenangan terkait proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Jawa Barat, Andi Alfian Mallarangeng.

“Bahwa tersangka di KPK itu dari yang sudah dilakukan proses penyidikan biasanya juga akan dilakukan penahanan untuk setiap tersangka,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP di Jakarta, Rabu (27/2).

Meski begitu, Johan tak bisa menentukan kapan penahanan terhadap eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tersebut akan dilakukan. Pasalnya, keputusan penahanan berada di tangan penyidik yang menangani kasus tersebut.

“Penyidiklah yang tahu kapan seorang di tahan untuk kepentingan penyidikan,” kata Johan.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan Andi Alfian Mallarangeng sebagai tersangka dalam kasus Hambalang sejak awal Desember 2012.

Terhadap Andi disangkakan Pasal 2 ayat 1, Pasal 3 UU Tipikor jo pasal 55 ayat ke (1) ke-1 KUHP mengenai perbuatan memperkaya diri sendiri, orang lain atau korporasi yang dapat merugikan keuangan negara. Sedangkan, Pasal 3 mengenai perbuatan menguntungkan diri sendiri, orang lain atau korporasi, menyalahgunakan kewenangan karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan negara.

Tetapi, hingga kini, lembaga antirasuah pimpinan Abraham Samad tersebut belum jug menahan Andi Mallarangeng.