Nasional | Jokowi Juga Belum Bantu Ganjar Menang di Jateng

Jokowi Juga Belum Bantu Ganjar Menang di Jateng
Kamis, 07 Maret 2013 , 21:08:00 WIB

Laporan: Ujang Sunda

  

RMOL. Peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia, Toto Izul Fatah, mengatakan kehadiran Joko Widodo dalam kampanye Pilgub Sumatera Utara memberikan kejutan. Dalam survei terakhir LSI, Effendi hanya punya dukungan sekitar 14 persen dan berada di posisi 4. Tapi hasil quick count menunjukkan, Effendi merangsek ke urutan dua dengan raihan sekitar 25 persen.

“Jadi, turunnya Jokowi memang memberikan kontribusi besar. Kalau dihitung-hitung, kontribusi Jokowi bisa mencapai 10-15 persen,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka Online, Kamis (7/3).

Tapi, kata dia, kalau hanya mengandalkan Jokowi jelas tidak akan menang. Kata Toto, dalam pilkada, faktor utama yang menentukan adalah figur dari calon yang maju, bukan dari tokoh yang mendukung. Sebab, mustahil semua yang kagum terhadap Jokowi mau memilih calon yang didukung Gubernur DKI Jakarta ini.

Toto pun menyarankan PDIP untuk lebih cermat dalam menghadapi pilgub Jateng. Walau Jateng adalah basis PDIP dan tempat lahir Jokowi, tidak akan otomatis calon PDIP yang juga didongkrak PDIP bakal menang. Katanya, sosok Ganjar tidak dikenal luas, akan sangat sulit mengalahkan Bibit Waluyo sebagai petahana yang sudah mengakar.

“Popularitas Ganjar sekarang itu baru sekitar 50 persen dan elektabilitasnya masih sangat lemah,” ujarnya.

Toto yakin, di pilgub Jateng bakal terjadi kejutan lagi.

“Tapi, apakah kejutannya sama seperti di Jabar dan Sumut, atau mampu meraih kemenangan, itu tergantung dari sosok calon,” tandasnya.[dem]