Nasional | Jero Wacik: Demokrat Kemungkinan Besar Gelar KLB

Jero Wacik: Demokrat Kemungkinan Besar Gelar KLB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik. (Liputan6.com/Abdul Aziz Prastowo)

Liputan6.com, Jakarta : Partai Demokrat saat ini sedang mengalami kekosongan jabatan Ketua Umum. Jabatan itu sangat penting apalagi untuk menandatangani Daftar Caleg Sementara yang akan diserahkan ke KPU pada 9 April mendatang.

Dalam mengatasi ini, Demokrat dihadapkan pada dua pilihan, yakni mengangkat Pelaksana Tugas (Plt) atau menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Tapi, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik menyebut peluang besar akan digelar Kongres Luar Biasa.

“Kemungkinannya kan ada dua, Plt atau KLB. Mring-miringnya ke arah KLB,” kata Jero Wacik sebelum mengikuti penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada Ketua MPR Taufiq Kiemas di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (10/3/2013).

Bagi Jero untuk menggelar KLB tidak memerlukan energi besar seperti yang selama ini diberitakan. Persiapannya juga tidak membutuhkan waktu berbulan-bulan. “Persiapan KLB itu satu atau dua hari juga cukup,” tutur Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat ini.

Anggota Dewan Pembina Demokrat lainnya, Syarief Hasan mengaku calon Ketua Umum Demokrat yang baru sangat banyak. “Ada 148 anggota DPR, lima menteri, Ketua DPR, Ketua DPRD Demokrat, gubernur, semua berpotensi jadi calon,” ungkapnya. (Ism)