Nasional | Jalankan Tugas Sebagai Anggota Komisi V DPR dan MPR Sekaligus

Jalankan Tugas Sebagai Anggota Komisi V DPR dan MPR Sekaligus
Minggu, 03 Maret 2013 , 15:51:00 WIB

Laporan: Zulhidayat Siregar

ROESTANTO WAHIDI

  

RMOL. Anggota Fraksi Partai Demokrat RoestantoWahidi terus melakukan sosialisasi fungsi dan tugasnya sebagai anggota dewan. Selain bertemu dengan masyarakat khususnya di daerah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung, anggota Komisi V ini juga menyempatkan untuk sosialisasikan empat pilar seperti yang dilakukan di Desa Ketapang, Kecamatan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat, 1 Maret 2013.

Menurut Roestanto yang sudah dua priode duduk sebagai anggota dewan bahwa sudah menjadi kewajiban sebagai anggota dewan bertemu dengan masyarakat. Selain mengawasi dan membantu serta memperjuangkan aspirasi  masyarakat. Tentunya program yang sudah bisa dirasakan seperti Program Percepatan Infrastruktur Pedesaan (PPIP), Gapoktan dapat membantu rakyat.

“Kita harapkan seperti program PPIP itu bisa bermanfaat untuk rakyat. Seperti pembangunan jalan dapat memudahkan roda eknomi lantaran akses jalan jadi mudah. Begitu juga program Gapoktan dapat membantu masyarakat petani,” tegas Roestanto dalam keterangan pers yang diterima (Minggu, 3/3).

Setelah terpilih menjadi anggota dewan, dia mengaku tidak lantas hanya duduk manis melainkan harus turun kepada masyarakat. Katanya tugas dan kewajibannya membantu menyerap aspirasi masyarakat seperti datang ke daerah-daerah.

“Bicara PPIP memang tugas saya selaku anggota dewan duduk di Komisi V yang berkaitan dengan program tersebut. Begitu juga tugas anggota MPR diantaranya mensosialisasi empat pilar kebangsaan. Karena sangat penting empat pilar dicerna oleh rakyat karena banyak mengandung makna,” tegas anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan Jawa Barat II ini.

Tugasnya sebagai dewan karena sudah diwajibakan mengawal program pemerintah khusunya PPIP yang kini sudah dirasakan oleh masyarakat.

“Saya tidak mau bilamana program pemerintah turun seperti PPIP itu ada yang minta-minta jatah persenan. Itu murni turun sesuai anggaran yang telah ditentukan sehingga jangan macem-macem yang mengaku-ngaku untuk minta fee persenan,” tegas Roestanto.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bandung Barat ini akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat. “Saya berharap program-program pemerintah yang sudah turun harus dijaga dengan baik. Karena bilamana berjalan dengan lancar saya juga semangat memperjuangkan program pemerintah,” katanya.

Selain itu pula dihadapan ratusan peserta sosialisasi empat pilar Roestanto juga mengingatkan pentingnya menjaga keutuhan empat pilar. Kenapa sosialisasi dilakukan anggota MPR RI! “Banyak terkadung artis penting empat pilar tersebut. Salah satunya menjaga kerukunan masyarakat. Memang empat pilar sudah lama diterapkan, tapi kita sebagai bangsa harus pula menjaga dan mengingatkanya,” ujarnya.

“Intinya empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika harus diterapkan oleh masyarakat. Karena itu saya sebagai anggota MPR RI berkewajiban mensosialisasikan baik kepada masyarakat, akedmis, pelajar,” tandasnya. [zul]