Nasional | Isu Tanggul Disabotase, BNPB: Jangan Berandai-andai Mau Sabotase!


Tanggul jjebol pada Kamis kemarin (Foto: Ari Saputra/detikcom)

Jakarta – Isu sabotase tanggul Banjir Kanal Barat di Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat menyeruak. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mewanti-wanti, jangan pernah berpikir untuk menyabotase.

“Mengenai tanggul jebol di Latuharhary itu sudah diatasi tadi malam. Baru saja kami dapat informasi (isu sabotase tanggul, red). Kami terus melakukan klarifikasi dan telah menerjunkan tim untuk melakukan evakuasi. Udah selesai. Janganlah kita berandai-andai mau sabotase,” jawab Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jl Juanda, Jakarta Pusat, Jumat (18/1/2013).

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yakin tidak ada sabotase menyusul jebolnya tanggul Kali Ciliwung (Kanal Banjir Barat) di Jl Latuharhary, Jakarta Pusat. Ia memilih selalu berpikir positif dan ingin segera memperbaiki tanggul itu.

“Aduh nggak. Kita positive thinking saja,” kata Jokowi saat ditanya ada atau tidak sabotase tanggul jebol usai salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (18/1/2013). Tanggul di Latuharhary jebol sejak Rabu kemarin. Akibatnya, air meluber deras ke kawasan Jl MH Thamrin.

Jokowi berharap perbaikan tanggul itu cepat selesai. “Diselesaikan secepat-cepatnya, sesegera mungkin sehingga saya selalu di lapangan terus. Dikerahkan semuanya, material dikerahkan tenaga dikerahkan, semuanya. Minta bantuan Kodam, Kopassus, semuanya kita minta,” ujar sarjana Kehutanan UGM ini.

Suami Iriana ini berharap hujan tidak turun hari ini. “Harus kelar hari ini,” kata Jokowi yang mengenakan baju koko warna putih dan sarung warna hijau ini.

(nwk/mad)