Nasional | Hatta Rajasa Beri Pembekalan Bagi Bakal Caleg Perempuan PAN



Jakarta – ┬áKetua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa memberikan pembekalan bagi bakal calon anggota legislatif Pemilu 2014. Hampir 500 bakal caleg perempuan dari seluruh Indonesia hadir dalam pembekalan ini.

Pembekalan bakal caleg digelar di kantor DPP PAN, Jalan TB Simatupang, Jaksel, Minggu (10/3/2013). Selain Hatta, tampak hadir Sekjen PAN Taufik Kurniawan.

PAN berjanji akan menempatkan 30 persen caleg perempuan. Ketua Badan Pemberdayaan Perempuan (BPP) DPP PAN, Welya Safitri mengatakan, penetapan 30 persen caleg perempuan PAN ditempatkan di nomor urut satu ini akan disahkan dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

PAN sebagai partai reformis kata dia ingin menunjukkan komitmen yang tinggi dalam meningkatkan kuantitas sekaligus kualitas keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan publik.

Welya menjelaskan, pada pemilu 2004, jumlah perempuan di DPR hanya sebanyak 61 orang atau 11,5 persen. Sedangkan hasil Pemilu 2009 jumlahnya meningkat menjadi 101 orang atau 18,04 persen. “Partai Amanat Nasional menyadari keberadaan perempuan dalam proses perumusan dan pengambilan keputusan strategis terus meningkat,” kata Welya.

(fdn/nrl)