Nasional | Hatta Rajasa Bantah Terlibat Kasus Century

Hatta Rajasa, Menko Perekonomian

Jakarta – Ketua umum (ketum) Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa dan Pengusaha Boy Garibaldi Tohir disebut-sebut menikmati dana Bank Century yang total bailoutnya sekitar Rp 6,7 triliun.

Merasa namanya dicemarkan, Hatta yang juga Menko Perekonomian menyampaikan bantahannya.

Di Jakarta, Rabu (6/3), ia menyatakan, sudah mendesak Timwas Century memperjelas apa yang sebenarnya dibicarakan anggota tim itu dengan Anas Urbaningrum, mantan Ketua Umum Partai Demokrat.

Dalam penjelasan para anggota Tim, kata Hatta, dijelaskan bahwa Anas tak pernah menyebut namanya menerima dana Bank Century.

“Saya klarifikasi lagi dengan Wakil Ketua Fraksi kami, Pak Viva Yoga Mauladi. Dia memberi pesan kepada saya lewat SMS,” katanya.

“Isi SMS-nya, ‘saya baru saja ketemu Anas. Anas mengklarifikasi bahwa dia tidak pernah menyebut nama-nama penerima aliran dana Century dan tidak mungkin berbuat begitu ke Bang HOUR, karena Anas hormat ke Bang HR sebagai senior HMI. Anas meminta Profesor Hendrawan dari PDIP untuk mengklarifikasi berita tersebut. Kata Pak Hendrawan itu dipelintir wartawan,” ujar Hatta.

Viva Yoga, saat diklarifikasi secara terpisah, menyatakan, memang sudah menemui Anas secara pribadi untuk mempertanyakan masalah itu.

“Dan memang dinyatakan bahwa tak benar bila disebut Pak Hatta menerima dana bailout,” katanya di Jakarta, Rabu (6/3).

Anggota Timwas Century dari Fraksi PAN, Chandra Tirta Wijaya, yang ikut ketika mengunjungi Anas di kediamannya juga mengatakan, tak benar ada nama Hatta dan Boy Garibaldi Thohir disebut-sebut Anas.

“Nama-nama baru ada. Tapi intinya sih semua sudah pernah dibahas di Pansus. Tapi memang ada yang kita lupakan dan dalami,” kata Chandra.