Nasional | Hatta Minta PAN DIY Raih Kembali 2 Kursi DPR RI



Yogyakarta – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa meminta kader PAN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk dapat meraih 2 kursi DPR RI pada pemilu 2014 nanti. Sebab Yogyakarta pada pemilu 1999 dan 2004 mampu meraih 2 kursi. Namun pada pemilu 2009 lalu hanya memperoleh satu kursi.

“Kami ingin Yogya dapat 2 kursi pada pemilu 2014 nanti,” pinta Hatta dihadapan 10 ribuan kader PAN dalam acara “Temu Kader dan Orasi Budaya” di Panggung Terbuka Ramayana, Candi Prambanan, Sleman, Jumat (8/3/2013) malam.

Hatta mengatakan PAN melakukan berbagai kegiatan saat ini lebih banyak dengan pendekatan budaya seperti yang dilakukan di Candi Prambanan dan menggelar pertunjukkan wayang kulit di Borobudur.

“Kegiatan seperti ini yang akan terus kita lakukan di beberapa daerah. Lewat budaya kita bisa melakukan politik yang santun,” katanya.

Menurutnya Candi Borobudur dan Prambanan adalah salah satu contoh mahakarya bangsa Indonesia. Sebab bila tidak ada sebuah inovasi dan kekuatan pada zamannya tidak akan mungkin membuat bangunan semegah itu.

“Itu artinya kita adalah bangsa yang besar yang memiliki potensi, teknik dan inovasi tinggi saat itu. Dan tidak mungkin lahir sebuah mahakarya seperti itu,” katanya.

Hatta kemudian bercerita mengenai lahirnya kerajaan Sriwijaya pada abad 7 M. Sekitar 7 abad kemudian pada abad 14 lahirlah kerajaan Majapahit. “Siklus 7 abad ini akan berulang di abad 21 sehingga saat ini akan lahir bangsa Indonesia yang besar, yang jaya dan unggul. “Bangsa yang unggul adalah bangsa yang mnemiliki inovasi,” tegas Hatta yang langsung disambut yel-yel Hatta Presiden RI.

Sementara itu Ketua MPP PAN, Amien Rais berpesan adanya dunia politik gonjang-ganjing sep[erti saat ini karena ada yang tidak jujur sehingga terjerat berbagai masalah. Dia berpesan terutama para caleg bila berjanji hendaknya ditepati terutama janji-janji saat kampanye.

“Tidak boleh ingkar dan tidak boleh mengkhianati amanat rakyat,” tegas Amien.

Dalam acara yang diketuai putra sulung Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais juga dihadir sejumlah pengurus DPP PAN seperti wakil ketua Drajad Wibowo, Taufik Kurniawan, Catur Sapto Edy dan Mantan Walikota Yogyakarta Hery Zudianto dan Ketua DPW PAN DIY Imawan Wahyudi.

(bgs/ahy)