Nasional | Dukung Surya Paloh, Ketua Sayap NasDem Tampik Isu Kudeta


Surya Paloh

Jakarta – Pengukuhan Surya Paloh menjadi Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) agaknya tinggal menunggu waktu saja. Ketua Umum Garda Pemuda Nasional Demokrat (GPND) Martin Manurung telah menegaskan sikap organisasi sayap NasDem yang dipimpinnya yang mendukung penuh upaya Paloh mengenggam penuh Partai NasDem.

“Hasil Rapimnas demi menjaga kesatupaduan gerak dan langkah serta keteguhan ideologis dari partai dan organisasi sayap Partai NasDem maka Ketua Dewan Pembina GNPD yang juga Ketua Majelis Nasional Partai NasDem Bapak Surya Paloh agar memimpin langsung Partai NasDem dalam mengawal cita-cita restorasi dan memenangkan Partai NasDem dalam Pemilu 2014,” kata Ketua Umum GPND, Martin Manurung, mengutarakan hasil Rapimnas GNPD pada Senin (14/1) kemarin.

Hal ini disampaikan Martin dalam jumpa pers di kantor ormas NasDem di Jl RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2013).

Martin menegaskan keputusan GPND telah diputuskan secara resmi dalam Rapimnas meskipun dalam pengambilan keputusan diwarnai aksi demonstrasi besar-besaran. Lantaran ada pemecatan sejumlah pengurus Garda NasDem yang disebut-sebut menolak kepemimpinan Surya Paloh. Martin menjelaskan, tak ada niat Surya Paloh mengambil paksa NasDem.

“Keputusan Garda Pemuda NasDem telah diputuskan kepada Bapak Surya Paloh. Posisinya bukan ingin menduduki tapi yang terjadi dukungan arus bawah yang semakin kuat agar Partai NasDem dipimpin oleh Bapak Surya Paloh, ini keinginan arus bawah yang ditangkap oleh masing-masing struktur, demikian juga kami di Garda NasDem,” tegasnya.

Namun dia juga menghormati kerja keras pengurus NasDem saat ini yang telah meloloskan partai baru tersebut ke verifikasi parpol peserta Pemilu 2014. Ketua Umum Patrice Rio Capella dan Sekjen Ahmad Rofiq diapresiasi karena kerja kerasnya membangun NasDem dari bawah.

“Kami lihat kakak Rio berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sangat baik sampai lolos menjadi peserta Pemilu 2014. Dan kini kita ingin Partai NasDem dijaga pada ideologi yang komit dan kita lihat Pak Surya Paloh tidak hanya menjaga ideologi itu tetapi memenangkan Pemilu 2014. Perlu dorongan yang lebih lebih kuat dengan Bapak Surya Paloh,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini Martin menegaskan bahwa Garda Pemuda NasDem adalah organisasi sayap Partai NasDem. Martin menampik pernyataan Rio Capella dan Rofiq sebelumnya yang menyatakan GPND hanya sayap ormas NasDem.

“Saya ingin jelaskan bahwa namanya keluarga besar itu interkoneksi antar keluarga besar dalam NasDem jadi sah-sah saja kita mendukung ketua dewan pembina kita menjadi Ketua Umum Partai NasDem,” tandasnya.

(van/nrl)