Nasional | DPP NasDem: Ada Anggota di DKI yang Keluar, Tapi yang Masuk Lebih Banyak


(Foto: www.nasdemjakarta.com)

Jakarta – Kabar akan mundurnya sejumlah pengurus dan anggota Partai NasDem di DKI Jakarta dibenarkan pengurus DPP NasDem. Namun jumlahnya disebut tak mencapai ribuan. Malah, mereka mengklaim ada tambahan ribuan anggota baru.

“Ada yang mundur iya, kalau sampai ribuan saya kira nggak,” kata Ketua Bappilu DPP NasDem, Ferry Mursidan Baldan, saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (25/1/2013).

Ferry mengaku telah melakukan pengecekan di internal NasDem hingga ke tingkat kecamatan. “Tapi mereka (pengurus NasDem kecamatan -red) nggak tahu-menahu (ada yang akan keluar -red),” ujarnya.

Ferry menerangkan Partai NasDem memiliki sistem registrasi keanggotaan online. Dalam sistem itu, database anggota baru yang direkrut selalu terupdate. Dari sistem itu pula pengurus pusat bisa memantau kondisi terkini pengurus dan anggota NasDem, termasuk yang akan keluar.

“Secara sistem kita bisa cek dan secara program rasanya nggak sebesar itu (yang akan keluar -red),” tuturnya.

Mantan anggota Komisi II DPR ini menerangkan, pengecekan terakhir database anggota baru telah dilakukan pagi tadi. Dan berdasarkan data tersebut, malah ada ribuan anggota baru yang masuk ke NasDem.

“Per jam 07.00 WIB ada 1.100 anggota baru, per jam 08.00 WIB tadi ada 1.800, per jam 09.00 WIB ada 800 anggota baru terdaftar secara online,” paparnya.

Ferry mengatakan dengan sistem ini ada data valid mengenai pengurus. “Kita tidak ingin partai ini mendapat gambaran seperti fatamorgana tentang keanggotaan,” ucapnya.

“Jadi dalam mundur atau tidak, kita melihatnya sebagai suatu yang wajar saja. Tapi by sistem, kita bisa monitor perkembangan keanggotaa per detik,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan pengunduran diri massal akan dilakukan ribuan anggota Partai Nasional Demokrat (NasDem) se-DKI Jakarta. Mereka akan mengantar para pengurus NasDem DKI dan Jakarta Raya ke kantor pusat NasDem yang mundur dan mengembalikan kartu tanda anggota (KTA).

Ribuan anggota NasDem ini akan mendatangi kantor NasDem di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat sekitar pukul 14.00 WIB, Jumat (25/1/2013). “Ada sekitar 3.000 orang yang akan mengembalikan KTA ke DPP NasDem,” klaim salah seorang anggota NasDem kepada detikcom.

(trq/asy)