Nasional | DPD PD Sultra: Kami Senang Diambil Alih SBY



Jakarta – –
Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD) mengambil kewenangan kendali teknis PD dari Ketua Umum Anas Urbaningrum. Pengurus DPD PD Sultra menilai pengambilalihan itu langkah penyelamatan yang sudah sesuai dan mendukung kebijakan Majelis Tinggi.

“Kami malah senang ada semangat baru dengan pak SBY memastikan tugas berjalan dengan ex-officio tetap Mas Anas,” kata Ketua DPD Sultra Muhammad Endang, kepada detikcom, Jumat (15/2/2013).

Menurutnya, meski diambil alih oleh Majelis Tinggi, DPD Sultra tetap menganggap ketua umum adalah Anas Urbaningrum. Dan ia menilai tidak ada saling serang antar kubu Anas maupun yang menyetujui sikap majelis tinggi.

“Memang tidak diatur dalam AD ART, tetapi pengambil alihan itu tidak melanggar. Itu ijtihad Pak SBY, mudah-mudahan benar-benar baik,” jelasnya.

Ia juga menuturkan, tak ada usulan KLB dari daerah menyusul pengambil alihan kendali partai oleh majelis tinggi. KLB menurutnya hanya mungkin jika ada permintaan langsung dari Majelis Tinggi dan jika ketua umum ditetapkan sebagai tersangka.

“Pengembalian kendali ini sesuai penjelasan pak SBY di Cikeas bisa dalam 4 atau 6 bulan, sampai elektabilitas partai sudah baik dan diuji oleh mereka (majelis tinggi),” kata Endang.

“Yang saya sesalkan kalau ada senior yang menawarkan jabatan ketua umum kepada pihak luar yang bukan kader partai. Kalau ini kita terus terang kaget,” lanjutnya.

Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD) telah mengambil alih kendali PD dari Ketua Umum Anas Urbaningrum. Kini wewenang Anas telah benar-benar dipangkas.

Hal ini terlihat dari posisi Anas yang tak lagi meneken undangan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) meskipun tugas ketua umum PD adalah melakukan konsolidasi nasional. Kini Rapimnas PD menjadi hajat Majelis Tinggi PD, pemangku kekuasaan tertinggi di PD saat ini.

Rapimnas PD akan digelar Minggu (17/2) di Hotel Sahid, Jl Sudirman, Jakarta. Seluruh pimpinan DPD dan DPC PD diundang dalam hajar akbar partai yang dipimpin langsung oleh majelis tinggi tersebut.

(bal/lh)