Nasional | DPC Demokrat Minta DPP Selenggarakan KLB Pengganti Anas

DPC Demokrat Minta DPP Selenggarakan KLB Pengganti Anas

(Antara/Prasetyo Utomo)

Liputan6.com, Jakarta : Pengunduran diri Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Partai Demokrat meninggalkan polemik di dalam tubuh partai besutan Presiden SBY itu. Penetapan pelaksana tugas harian (Plt) sebagai pengganti sementara ketua umum pun mengemuka. Namun perihal Plt itu tak tercantum dalam AD/ART Demokrat.

Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat di DKI Jakarta pun mendesak DPP partai besutan Presiden SBY itu segera melakukan kongres luar biasa (KLB).

“Kami meminta DPP segera menyelenggarakan KLB untuk memilih ketua umum baru. Bukan menetapkan Plt. Karena Plt ketua umum tidak dikenal dalam Anggaran Dasar Partai Demokrat,” kata Taufiq di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (7/3/2013).

“Itu ada dalam pasal 99 Anggaran Dasar Partai Demokrat. Kami ingin partai ini bisa lebih baik dengan cara mengikuti mekanisme sesuai dengan aturan. Harus taat asas dan anggaran dasar partai,” imbuhnya.

Taufiq yakin, pelaksanaan KLB ini bukan merupakan keinginan pengurus cabang di DKI Jakarta saja, tetapi keinginan pengurus cabang di daerah-daerah lain. “Apa yang kami lakukan saya yakin, DPC-DPC di daerah, pasca-mundurnya AU juga menginginkan segera ada KLB untuk memilih ketua umum baru,” ucapnya.

Dengan tegas Taufiq menyatakan apa yang disampaikannya adalah hal yang penting. Ini demi kelangsungan partai berlambang mercy itu ke depannya. “Di sini ada 4 Ketua DPC. Ini bukannya tak penting, Ini untuk meluruskan dan mengembalikan sebuah roda organinasi dijalankan sesuai AD/ART,” pungkas Taufiq. (Ndy)