Nasional | Demokrat Umumkan Capres Setelah Angka 15 Persen TercapaiDemokrat Umumkan Capres Setelah Angka 15 Persen Tercapai, Yang Disebut SBY Pasti Jadi!

Demokrat Umumkan Capres Setelah Angka 15 Persen Tercapai
Yang Disebut SBY Pasti Jadi!
Selasa, 26 Februari 2013 , 21:48:00 WIB

Laporan: Aldi Gultom

  

RMOL. Siapa tokoh yang akan didorong Partai Demokrat untuk menjadi Capres 2014-2019? Jawabannya mungkin akan tertutup rapat hingga Demokrat benar-benar percaya diri melihat elektabilitasnya di mata publik.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Syarif Hasan, mengatakan, partainya saat ini sedang sibuk konsolidasi, pembenahan dan melakukan segala cara untuk menaikkan lagi elektabilitasnya.

“Fokus kami itu dulu,” tegasnya saat berdialog dengan Rakyat Merdeka Online, petang tadi di Medan, Sumatera Utara, Selasa (26/2).

Syarif, yang juga menjabat Menteri Koperasi dan UKM, menuturkan, hasil survei uang ditelurkan lembaga konsultan politik Saiful Mujani, sungguh mengejutkan dirinya dan para petinggi partai.

“Dari partai pemenang pemilu yang meraih suara di atas 20 persen, turun ke 8 persen, itu sungguh luar biasa. Maka itu dilakukan penyelamatan partai oleh Ketua Majelis Tinggi (SBY),” terangnya.

Syarif menjelaskan, penggodokan kandidat capres bukan fokus partainya saat ini. Nama-nama yang ramai disebut sebagai calon kuat oleh media massa dan pelaku media sosial, hanyalah rumor atau yang disebutnya “pembicaraan orang luar”.

“Tidak ada kami bahas itu. Yang dibutuhkan partai saat ini adalah memulihkan eletabilitas sampai sekitar 15 persen atau melampaui,” kata Syarif lagi.

Jika jajaran pendiri dan petinggi Partai Demokrat sudah menganggap bahwa target elektabilitas 15 persen itu telah tercapai, maka akan diumumkan nama kandidat.

Dia pun sangat yakin, melihat kepopuleran dan pencitraan yang tetap tinggi dari sosok pendiri utama partai, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), siapapun tokoh yang didukung SBY pasti akan jadi capres paling kuat.

“Tapi itu nanti. Kalau elektabilitas sudah mencapai minimal 15 persen, maka nama itu disebut. Siapapun yang di-endorse SBY, pasti jadi (presiden),” tuturnya. [dem]