Nasional | Demokrat Siapkan Klarifikasi DCS ke KPU

Demokrat Siapkan Klarifikasi DCS ke KPU

Keabsahan daftar calon sementara (DCS) Pemilu Legislatif 2014 berpotensi menjadi problem bagi Partai Demokrat. Partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini pun akan mengirim surat klarifikasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kalau soal caleg sekarang sudah berproses. Hanya soal (keabsahan) tanda tangan. Nah tanda tangan ini lagi kita klarifikasi kepada KPU,” kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Jhonny Allen Marbun di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (4/3/2013).

Dalam klarifikasi ke KPU tersebut, lanjut dia, ada beberapa hal yang ingin disampaikan. Termasuk kejelasan pengaturan DCS jika dikaitkan dengan UU 8/2012 tentang Parpol. Dalam UU tersebut dinyatakan mekanisme organisasi ada di partai politik.

“Kita ingin sampaikan, tentang AD/ART Partai Demokrat dengan UU Pemilu. Nah itu yang akan kita samakan. Apapun jawabannya, maka akan kita tindak lanjuti. Bahwa KLB juga bagian dalam konstitusional,” ujar anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini.

Apapun mekanisme yang ada dalam UU Pemilu, demikian Jhonny, pasti akan dijalankan Demokrat. Termasuk dibolehkannya membuat surat ke KPU. Apalagi hal ini tak mengganggu tahapan pemilu karena penyerahan DCS baru dimulai 9 April mendatang.

“Tanggal 9 itu kan masih ada 1 bulan lagi. Jadi boleh dong kita melakukan surat-menyurat antara penyelenggara dengan peserta. Kan boleh soal klarifikasi dan bertanya mengenai peraturan anggaran dasar dan UU Pemilunya,” tandas Jhonny. (Sah)