Nasional | Demokrat Minta Timwas Century Ungkap Info Dari Anas

Demokrat Minta Timwas Century Ungkap Info Dari Anas

(Liputan 6.com/RS)

Liputan6.com, Jakarta : Timwas Century DPR membentuk tim kecil menyambangi rumah Anas Urbaningrum pada Senin 4 Maret lalu, setelah mendapat informasi dari sejumlah media yang menyebutkan Ketua Umum Partai Demokrat yang mengundurkan diri itu mengetahui sejumlah informasi soal aliran dana talangan Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun.

Lalu beredarlah informasi bahwa Anas menyebut 4 nama yang terkait dengan kasus Century. Siapa mereka, tidak diungkap hingga berbuah spekulasi liar yang menjurus ke sejumlah tokoh.

Tak lama kemudian, Anas secara langsung membantah informasi itu berasal dari dirinya. Ia tak pernah menyatakan 4 nama itu sebagai pihak yang diduga terkait dengan aliran dari Century.

Karena itu, Ketua DPP Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin meminta Timwas Century untuk mengungkap informasi yang didapat setelah menyambangi Anas di rumahnya. Menurutnya, seharusnya Timwas Century langsung menyampaikan ke KPK atau pun ke publik.

“Segelintir teman-teman Timwas Century, yakni Ahmad Yani dkk, agar oleh publik jangan sampai dianggap hanya sekadar cari-cari sensasi. Juga melakukan pemborosan waktu dan anggaran Timwas,” kata Didi di Jakarta, Rabu (13/3/2013).

Karena itu, sambung Didi, apa yang diperoleh setelah mendapat informasi langsung dari Anas segera diungkapkan ke publik dan diserahkan ke KPK.

“Bahkan hal tersebut harusnya diserahkan langsung kepada KPK setelah pulang dari rumah Anas beberapa minggu lalu,” ujar anggota Komisi III DPR itu.

Menurut Didi, dengan masa kerja yang sudah cukup lama dan memakan waktu, tenaga dan biaya, Timwas seharusnya bekerja secara nyata, amanah, dan rasioanal. Daripada sekadar mencari sensasi.

“Bagaimanapun Timwas sudah bekerja selama 3,5 tahun, dengan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Rakyat ingin agar Timwas kerja yang nyata, amanah, dan rasional daripada sekadar cari-cari sensasi demi kepentingan politik sesaat,” tuturnya.

Didi menambahkan, Demokrat menantang Yani dkk untuk segera mengungkap temuan baru. Jika tidak, kata Didi, Yani telah melakukan fitnah dan kebohongan publik.

“Apalagi jelas-jelas Anas Urbaningrum belum lama telah membantah menyebutkan ada nama baru sehubungan aliran dana Century tersebut,” tandas Didi. (Riz)