Nasional | Capres NasDem Belum Pasti Surya Paloh atau Endriartono Sutarto


Kongres NasDem

Jakarta – Surya Paloh telah ditetapkan menjadi ketua umum Partai Nasional Demokrat (NasDem). Apakah Surya akan mengadu nasib ke Pilpres 2014? Ataukan dia serahkan mandat ke Jenderal Purn Endriartono Sutarto untuk maju Pilpres? Semua belum jelas.

“Nggak, sampai hari ini belum. Karena partai ini menegakkan fatsun politik, akan fokus memenangkan Pemilu Legislatif terlebih dahulu. Setelah masuk tiga besar terlebih menang Pemilu, tentu menjadi kewajiban atau keabsahan moral untuk mencapreskan,” kata Sugeng Suparwoto, Wakil Ketua Umum Partai NasDem era kepemimpinan Patrice Rio Capella, kepada detikcom, Senin (28/1/2013).

Kepada orang-orang terdekatnya, Surya Paloh menegaskan dirinya belum berpikir maju Pilpres 2014. Surya Paloh juga tak menegaskan apakah akan menunjuk Endriartono menjadi capres.

Endriartono memang disebut-sebut akan maju ke Pilpres 2014 dengan kendaraan Partai NasDem. Endriartono yang tak lain adalah mantan Panglima TNI telah mengutarakan perlunya mengajari orang nomor 1 di Indonesia untuk melakukan gerakan perubahan. Namun menurut sejumlah kalangan, pencapresan Endriartono bisa benar-benar kandas karena ada gelagat Surya Paloh maju Pilpres.

Meski demikian, menurut Sugeng, Surya Paloh belum memastikan pencapresannya. “Nggak, belum. Pak Surya Paloh menekankan kepada kami tidak ada mencalonkan dirinya saat ini,” katanya.

“Tapi kalau apakah ada kader-kader yang layak menjadi pemimpin nasional itu kan banyak sekali. Tapi tentu tidak baik menyebutkan namanya,” tegasnya.

(van/nrl)