Nasional | CALON GUBERNUR BI, Golkar Klaim Penolakan terhadap Agus Martowardojo Cukup Santer

CALON GUBERNUR BI
Golkar Klaim Penolakan terhadap Agus Martowardojo Cukup Santer
Sabtu, 02 Maret 2013 , 23:55:00 WIB

Laporan: Ujang Sunda

RMOL. Fraksi Golkar belum memutuskan apakah akan menerima atau menolak pengajuan Agus Matowardjojo sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia menggantikan Darmin Nasution yang akan habis masa jabatannya pada 22 Mei nanti.

Ketua Fraksi Golkar Setya Novanto menyatakan, pihaknya menunggu proses fit and proper test yang akan dilakukan Komisi XI. Apapun hasil fit and proper test, Golkar akan menerima. “Kita serahkan pada mekanisme yang ada saja di Komisi XI. Dipilih atau tidak, kita serahkan ke Komisi XI,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka Online malam ini (Sabtu, 2/3).

Kader Golkar di Komisi XI Harry Azhar Azis menyatakan, memang Golkar belum memberikan arahan terhadap pencalonan Agus. Nasib Agus akan di putuskan di Komisi XI. Pada tahun 2008, Presiden pernah mengajukan Agus ke DPR untuk menjadi Gubernur BI. Dalam pemilihan Agus ditolak. Menyikapi hal ini, Selasa lusa (5/3), Komisi XI akan rapat.

“Kami akan putuskan apakah Agus sebagai calon lama atau calon baru. Kalau dianggap calon lama, kami akan kembalikan ke Presiden karena pernah ditolak. Kalau dianggap calon baru, kami akan teruskan ke fit and proper test,” ujar Harry.

Kalaupun dianggap calon baru, Harry tidak menjamin Agus akan terpilih. Kata dia, suara-suara penolakan untuk di Komisi XI cukup santer. “Saya tidak bisa jamin dia akan terpilih,” ucapnya.

Sementara itu, Sekjen DPP PPP Romahurmuzy masih menunggu Agus yang saat ini masih menjabat Menteri Keuangan itu menyampaikan visi misinya. Dalam fit and proper test nanti, PPP juga akan mempertanyakan soal kasus Hambalang. “Itu catatan kami. Pasti akan kami tanyakan apakah itu hanya kebijakan administratif dia sebagai Menteri Keuangan atau bukan,” ujarnya. [zul]