Nasional | BNPB Bersyukur Dana Penanggulangan Bencana Mencapai Rp 1,3 T


Diskusi Polemik (Mega Putra/ detikcom)

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersyukur dana yang dialokasikan pemerintah setiap tahun mengalami peningkatan. Hingga 2013 ini, anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 1,3 triliun.

“Sejak 2008, kita bicara rutinnya saja tiap tahunnya Rp 150 miliar,” ujar Direktur Kesiapsiagaan BNPB Medi Herlianto, dalam diskusi Polemik bertema ‘Bencana Alam Mengancam’ yang diselenggarakan Sindo Radio di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/1/2013).

Medi mengatakan dana tersebut terus bertambah hingga tahun ini sudah mencapai angka Rp 1,3 triliun. Selain itu, juga dialokasikan dana siap pakai (on call) khusus untuk penanganan tanggap darurat.

“Itu menandakan, indikasikan bahwa demikian besarnya perhatian kepada BNPB,” ujarnya.

Medi tidak tahu persis besaran dana on call itu sekarang. “Tetapi jelas bahwa dana itu seperti kondisi sekarang di Jakarta, tanggap darurat banjir. Dana itu on call,” ungkapnya.

Kemudian juga terdapat dana untuk pemulihan pasca bencana itu terjadi. Dana ini sendiri dialokasikan cukup besar. “Dana itu namanya dana sosial berpola hibah. Triliunan jumlahnya untuk seluruh Indonesia,” tutupnya.

(mpr/gah)