Nasional | Bisa Jadi Demokrat Hadapi Pemilu Tanpa Ketum Definitif

Bisa Jadi Demokrat Hadapi Pemilu Tanpa Ketum Definitif
Selasa, 26 Februari 2013 , 21:35:00 WIB

Laporan: Aldi Gultom

  

RMOL. Mungkin saja Partai Demokrat akan menghadapi Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014 tanpa pemegang jabatan ketua umum definitif.

Hal itu disampaikan anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Syarif Hasan Kepada Rakyat Merdeka Online, Selasa petang (26/2).

Syarif yang juga menjabat Menteri Koperasi dan UKM itu mengatakan, agenda pemilihan ketua umum baru pengganti Anas Urbaningrum yang mundur akibat kasus hukum belum ditentukan Partai Demokrat. Saat ini, tugas dan wewenang ketua umum partai dijalankan oleh empat orang yang terdiri dari dua Wakil Ketua Umum, Sekjen DPP dan Direktur Eksekutif.

Dengan demikian, semua spekulasi yang beredar menyangkut pengganti Anas dimentahkan. Beberapa nama yang sempat disebut adalah Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas (Sekjen saat ini) dan Ketua DPR Marzuki Alie yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat. Bahkan, ada beberapa nama dari luar kader Demokrat yang disebut-sebut, seperti Mahfud MD (Ketua MK) dan Jenderal Pramono Edhie Wibowo (KSAD, adik ipar SBY).

“Ibas akan menjabat sampai masa jabatannya habis sebagai Sekjen,” tegasnya, saat berdialog dengan Rakyat Merdeka Online di Medan, Sumatera Utara.

Syarif Hasan tak menampik kemungkinan Partai yang didirikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, akan menghadapi Pemilu tanpa ketua umum definitif.

“Kita tunggu saja. Sampai saat ini jadwal kongres atau pemilihan ketua umum baru belum dipikirkan,” ucapnya.

Dia menambahkan, jika dibutuhkan Majelis Tinggi Partai di bawah pimpinan SBY mungkin saja menunjuk pelaksana tugas sementara (Plt) jabatan ketua umum, atau membiarkan empat orang pelaksana tugas yang ada sekarang bekerja dahulu sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Yang pasti tidak mungkin majelis tinggi menunjuk langsung ketua umum,” tegas dia lagi.[dem]