Nasional | Bila Raffi Terbukti Pakai Narkoba, Hatta: Kita Jadikan Pertimbangan


(Foto: detikcom)

Surabaya – Artis Raffi Ahmad yang digerebek oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) di rumahnya Lebak Bulus, Jakarta Selatan bersama artis diduga melakukan pesta narkoba. Padahal Raffi diincar Partai Amanat Nasional (PAN) untuk dijadikan calon legislatif (caleg). Bagaimana respons Ketua Umum PAN Hatta Rajasa?

“Saya belum belum (kabar penangkapan Raffi). Kita masih belum melakukan proses (pencalegan maupun daftar caleg sementara),” terangnya kepada wartawan di sela-sela rapat koordinasi DPW PAN Jatim di Hotel Utami, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (27/1/2013).

Hatta yang juga menjabat sebagai Menko Perekonomian mengungkapkan jika para caleg PAN harus memenuhi persyaratan di antaranya, memahami visi, misi serta platform partai dengan baik.

“Kita menyeleksinya sangat ketat. Sebagai tokoh masyarakat juga harus teruji oleh masyarakatnya sendiri. Kalau tidak teruji di masyarakat maka tidak pantas disebut tokoh masyarakat,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, PAN akan melakukan pelatihan sampai Lemhanas, KPK, ICW dan beberapa lainnya untuk mematangkan bahwa semua caleg harus berperilaku yang baik. ketika ditanya lebih lanjut, jika nantinya Raffi terbukti mengkonsumsi narkoba, apakah akan menjadi pertimbangan PAN.

Ia menegaskan, jika seorang publik figur atau tokoh masyarakat yang akan dicalonkan PAN terjerat kasus kriminal akan menjadi catatan tersendiri bagi partainya. “Ya tentu saja, kita record dan kita rekam menjadi pertimbangan kita,” tandasnya.

(fat/nrl)