Nasional | Berharap Tuah Artis di Pemilu 2014


Foto: Happy Salma/detikhot

Jakarta – Dengan hanya 10 parpol yang akan berlaga di Pemilu 2014, persaingan diprediksi semakin ketat. Parpol pun mulai menggaet caleg dari kalangan artis. Akankah artis mampu mendongkrak popularitas parpol?

Partai Gerindra yang mendapat nomor urut 6 di Pemilu 2014 mendatang telah bersiap menggaet sejumlah artis ke Pemilu 2014. Artis cantik Happy Salma dan aktor Irwansyah telah merapat bersama Gerindra yang akan mencapreskan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani membenarkan masih banyak artis lain yang bersiap merapat ke Gerindra. Dia yakin sekali artis mampu menambah daya gedor Gerindra di Pemilu 2014 mendatang.

“Saya kira itu cukup mengangkat. Tapi saya kira yang paling penting sebenarnya itu harus ditunjang dengan kerja politik. Karena popularitas tidak selalu berbanding dengan akseptabilitas,” kata Muzani kepada detikcom, Rabu (16/1/2013).

Partai Amanat Nasional (PAN) yang sering dipelesetkan sebagai partai artis nasional karena banyaknya artis yang bergabung dengan PAN di Pemilu 2009 pun masih memburu caleg artis. Sejumlah artis tenar seperti Ikang Fawzi, Marissa Haque, hingga Desy Ratnasari telah merapat menjadi caleg matahari-biru.

Namun DPP PAN memberlakukan aturan ketat terkait pencalegan. DPP PAN tak ingin pencalegan artis justru merugikan partai berlambang matahari ini.

“Dari kalangan artis belum ada yang fixed. Kita melihat keseriusan dan kapasitas mereka. Kalau kapasitas diragukan kita tidak akan usung mereka. Jangan sampai kalau terpilih akan menjadi beban partai,” kata Ketua DPP PAN Bima Arya S saat dikonfirmasi terpisah.

Selain PAN dan Gerindra, Golkar juga berburu caleg artis. Tantowi Yahya dan Nurul Arifin yang pernah terjun di dunia selebritis ditugaskan melakukan penjaringan. Sejumlah nama caleg artis telah muncul, antara lain presenter kharismatis Charles Bonar Sirait.

PPP juga berburu caleg artis. Meskipun PPP tak ingin main-main soal ini, karena menyangkut kapasitas lembaga legislatif di masa mendatang.

“Ada, tetapi tidak banyak. Basisnya bukan keartisan belaka. Karena bagi kami, lebih selektif memilih caleg atas dasar track record dan kompetensinya,” tegas Sekjen PPP M Romahurmuziy.

Sejumlah artis seperti Nurul Arifin, Tantowi Yahya, Rieke Dyah Pitaloka, bisa dibilang sukses masuk Senayan dan mendapat respons dari masyarakat, namun ada juga anggota dewan dari kalangan selebritis yang justru terjerat kasus hukum seperti Angelina Sondakh.

Lalu apakah deretan artis papan atas tersebut mampu mendongkrak perolehan suara parpol di Pemilu 2014 mendatang? “Pada akhirnya masyarakat yang melihat kapasitas caleg artis yang diajukan. Masyarakat semakin cerdas berpolitik saat ini,” simpul Muzani.

(van/nrl)