Nasional | AS Sumbang Korban Banjir Jakarta

 AS Sumbang Korban Banjir Jakarta

Duta Besar Amerika Serikat, Scot Marciel

, JAKARTA — Negara Amerika Serikat ikut peduli korban banjir Jakarta dengan menggelomtorkan bantuan sebesar 150 ribu dollar AS.

Duta Besar Amerika Serikat, Scot Marciel, menawarkan bantuan dari AS untuk mengatasi banjir besar di Jakarta dan sekitarnya. Amerika Serikat menawarkan bantuan melalui Kantor Bantuan Bencana Luar Negeri AS (Office of U.S. Foreign Disaster Assistance) yang berada di bawah naungan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID).

AS berjanji akan menyediakan 150 ribu dollar AS dengan koordinasi yang erat dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pimpinan masyarakat setempat.

“Kami ingin menyampaikan rasa simpati kami yang sedalam-dalamnya kepada para korban banjir besar yang menimpa Jakarta dan sekitarnya. Meskipun situasi tersebut telah melanda ribuan orang, saya sangat tersentuh melihat bagaimana warga Indonesia saling membantu tanpa pamrih,” ungkap Marciel dalam rilisnya, Ahad (20/1).

Pihaknya pun bekerjasama dengan Mercy Corps, Save the Children, dan World Vision. Bantuan dari AS ini, jelasnya, akan digunakan untuk pengadaan dan distribusi setempat barang-barang bantuan kemanusiaan, termasuk bahan-bahan yang dapat membantu kegiatan pembersihan sisa-sisa banjir. Sehingga, memungkinkan warga yang menjadi korban banjir untuk kembali ke kediaman mereka.
 
“Kami juga salut atas kerja keras dan dedikasi para pejabat tanggap bencana, polisi, dan militer. Dengan dampak dari Badai Sandy di AS yang masih tersimpan jelas di benak warga Amerika, kami mengerti betapa sulitnya tantangan yang kini sedang dihadapi oleh warga Indonesia,” papar Marciel.