Nasional | Anas Terancam Batal Dipanggil Timwas Century DPR

Anas Terancam Batal Dipanggil Timwas Century DPR

Anas Urbaningrum (Liputan6.com/Firdie Arfianto)

Liputan6.com, Jakarta : Kesaksian Anas Urbaningrum untuk memberikan keterangan di hadapan Tim Pengawas Kasus Bank Century DPR terancam batal. Kini, Timwas Century berbalik arah. Yang awalnya yakin bisa menghadirkan Ketua Umum Partai Demokrat yang sudah mengundurkan diri itu, tapi kini justru pesimistis.

“Ada tiga syarat untuk seseorang agar bisa dipanggil. Ada satu syarat yang tidak terpenuhi Anas,” ujar anggota Timwas Century DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Tiga syarat yang dimaksud Hendrawan yakni, informasi yang akan diberikan merupakan data baru, relevan, dan bersifat spesifik. “Syarat ketiga ini belum terpenuhi,” ujar Hendrawan.

Mengapa? Menurut Hendrawan, Anas tak menyajikan data apapun dalam pertemuan itu, Nama-nama yang disebut hanya berdasarkan informasi yang dimiliki Anas dan dituturkan kepada tim kecil tanpa menggunakan data pendukung. “Kami ngobrol mengalir saja,” ujarnya.

Berdasarkan pertemuan dengan Anas di Duren Sawit beberapa waktu lalu, tim kecil bentukan Timwas Century sebenarnya membawa pulang enam nama. Namun, menurut Hendrawan, satu nama dinyatakan telah meninggal dan satu nama lagi dinyatakan tidak relevan. “Jadi tinggal empat nama,” ujarnya.

Hendrawan membantah nama-nama itu telah beredar di publik. Dia menegaskan, informasi mengenai hasil pembicaraan dengan Anas tak boleh dibocorkan. “Kita yang hadir sepakat pembicaraan itu off the record,” tegasnya. (Ism)