Nasional | Amir: Plt Ketum Demokrat Bisa Didaftarkan ke Kemenkumham

Amir: Plt Ketum Demokrat Bisa Didaftarkan ke Kemenkumham

Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin. (Liputan6.com/Firdie Arfianto)

Liputan6.com, Jakarta : Partai Demokrat akan menunjuk Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Demokrat, untuk menggantikan Anas Urbaningrum yang sudah mundur karena menjadi tersangka kasus proyek pusat olahraga Hambalang. Nama baru Plt Ketua Umum itu bisa segera diajukan ke Kementerian Hukum dan HAM.

Menurut Menteri Hukum dan HAM yang juga anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Amir Syamsuddin, Plt Ketua Umum itu sama saja dengan sebutan lain ketua umum di partai lain. Misal seperti sebutan “Presiden” untuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Maka itu, kata Amir, tidak ada masalah bila Demokrat menggunakan nama Plt Ketua Umum untuk menandatangani Daftar Caleg Sementara, yang akan diajukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelum 9 April 2013. “Mereka (partai lain) sama saja dengan kami. Tidak ada masalah,” kata Amir di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Amir mengatakan, banyak parta lain yang mendaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM dengan nama lain untuk jabatan ketua umum. Dan itu, kata Amir, diperbolehkan oleh Kementerian yang dipimpinnya.

“Begitu mereka mendaftarkan kepada kami (Kementerian Hukum dan HAM) dengan nama lain, mereka tidak ada masalah,” jelas Amir.

Amir yakin KPU juga tidak mempermasalahkan pendaftaran calon legislatif sementara dari Demokrat yang akan ditandatangani Plt Ketua Umum. “KPU saya kira sama dengan kami. Itu hitungan menit saja, tidak ada masalah,” jelas Amir. (Ism)