Nasional | Alhamdulillah, Banjir di Kelapa Gading Sudah Surut

, JAKARTA —  Banjir setinggi 70-90 cm yang sempat menganggu jalur lalu lintas di sekitar Kelapa Gading, Jakarta Utara sudah surut sejak Sabtu pagi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, jalan Boulevard Raya depan Mall Kelapa Gading yang sempat terendam sekitar satu meter, kini sudah lancar dilalui kendaraan bermotor.
Para pedagang di pinggir jalan yang sebelumnya terpaksa tidak berjualan, kini kembali dapat mengais rezeki di sekitar kawasan yang ramai dengan pertokoan ini.

Pengendara motor asal Tanah Merah, Jakarta Utara, Warnoto (42) yang setiap hari melintas di Kelapa Gading, mengatakan sejak Sabtu pagi, genangan air yang sempat membuat lalu lintas tersendat di depan Mall Kelapa Gading sudah surut.

“Jumat sore, air setinggi pinggang, cuma motor yang knalpotnya tinggi yang bisa lewat, tapi tadi pagi (Sabtu.-red) sudah surut,” katanya.

Saat genangan air masih tinggi, pada Jumat, Warnoto harus memutar untuk mencari jalan alternatif di sekitar Boulevard Barat untuk kembali ke Tanah Merah.

Warga lainnya yang sehari-hari mencari sesuap nasi di sekitar Mall Kelapa Gading sebagai pengojek, Surat (52), mengatakan sejak Sabtu pagi pula, toko-toko di sekitar Jalan Boulevard muali buka kembali.

Sewaktu banjir masih menggenangi Jalan Boulevard, banyak toko yangtitup dan pedagang emperan yang tidak dapat bekerja.

“Hanya Indomart yang buka kemarin, tapi sekarang sudah mulai buka semua” ujarnya.

Walaupun di Kelapa Gading banjir sudah mulai surut, genangan air di beberapa daerah lain di DKI Jakarta masih cukup tinggi.

Di Pluit, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan banjir di masih setinggi dua meter akibat meluapnya Waduk Pluit.

Jajaran Pimpinan BNPB sedang mengunjungi lokasi kejadian untuk mengkaji dan mencari solusi banjir di Pluit dari meluapnya Waduk Pluit, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Sabtu.