Nasional | Akil Mochtar Minta Restu Jadi Ketua MK

Akil Mochtar Minta Restu Jadi Ketua MK

Akil Mochtar. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta : Setelah secara resmi menyatakan kesediaannya kembali menjabat sebagai hakim konstitusi, Akil Mochtar pun mengisyaratkan keinginannya untuk menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi menggantikan Mahfud MD yang akan habis masa jabatannya pada 1 April 2013.

“Mohon doa restu saja,” ujar Akil saat dikonfirmasi tentang niatnya itu, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, (5/4/2013).

Akil juga mengaku optimistis dapat menduduki kursi yang akan ditinggalkan oleh Mahfud MD, dengan catatan bila Komisi III DPR memberikan dukungan. “Mudah-mudahan, kalau Komisi III mendukung,” ujarnya.

Bersamaan dengan rencana tersebut, Akil mempunyai sebuah rencana ke depan untuk MK, yaitu menyediakan peradilan murah yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat. “MK sebagai lembaga peradilan dapat menjadi akses masyarakat yang hak konstitusionalnya terlanggar,” urainya.

Selain itu, mantan anggota DPR dari Fraksi Golkar ini juga berharap akses ke masyarakat akan lebih dipermudah dengan adanya persidangan jarak jauh. “Selama ini kita berencana bisa melakukan persidangan jarak jauh tanpa biaya,” ujarnya.

Bahkan, untuk melakukan penuntutan di MK, masyarakat tidak perlu memakai jasa pengacara. “Anda tidak perlu memakai lawyer, Anda datang saja ke MK, nanti akan dibimbing, tapi etikanya mengatakan dan membicarakan yang ditangani,” ujarnya.

Namun, Akil menegaskan bahwa MK hanya akan mengadili permohonan yang sifatnya politik. “Saya mengingatkan, MK mengadili yang bersifat politik,” pungkasnya.(Ado)