Nasional | 3 Cara Demokrat Perbaiki Elektabilitas

3 Cara Demokrat Perbaiki Elektabilitas

Liputan6.com, Jakarta : Sejumlah survei menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat terus merosot menjelang Pemilu 2014. Dengan waktu sekitar 2 tahun, partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini disarankan melakukan 3 langkah untuk menaikkan elektabilitas. Apa saja itu?

“Variabel yang pertama yang harus diperhatikan untuk menaikkan elektabilitas adalah, tidak ada lagi yang terkena kasus,” kata pengamat politik dari Indo Barometer M Qodari dalam dikusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2013).

Langkah kedua, lanjut dia, Partai Demokrat harus meningkatkan soliditas internal, karena selama ini diketahui memiliki faksi-faksi. “Soliditas partai juga harus ditingkatkan. Salah satuya dengan cara memilih ketua umum definitif yang mampu menjadikan partai ini solid,” ujarnya.

Yang lebih penting dibanding dua variabel tersebut, imbuh Qodari, adalah meningkatkan kualitas kinerja pemerintahan yang mayoritas diisi oleh kader-kader Partai Demokrat.

“Pemerintah harus meningkatkan performanya yang juga langsung menaikkan tingkat kepuasan publik. Saat ini tingkat kepuasan publik kepada pemerintah hanya 51%, dan ini harus sampai 70% sebelum pemilu. Ya caranya dengan pemerintah menaikkan kinerjanya,” ujarnya.

Qodari menilai Partai Demokrat masih punya waktu untuk menjalankan 3 langkah tersebut. Meskipun sejumlah kadernya masih berurusan dengan hukum dan ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK. (Sah)