Nasional | 149 Orang Mendaftar Anggota Komisi Informasi



Jakarta – Hingga ditutup waktu pendaftaran, 149 orang mendaftar calon Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) periode 2013-2017. KIP merupakan lembaga semi-pengadilan yang berwenang memerintahkan membuka dokumen yang menjadi hak publik.

Dari nama-nama tersebut, Ketua KIP saat ini Abdul Rahman Ma’mun tidak muncul. “Dari awal, saya niatnya di KIP hanya satu periode. Selain itu, set up pondasi KIP sudah bisa running dengan sudah adanya regulasi di bawah perundang-undangan, sistem penyelesaian sengketa informasi yang sudah mulai running, Standar Operasional Prosedur yang tinggal dijalankan,” kata Abdul Rahman Ma’mun kepada wartawan, Sabtu (9/3/2013).

Pendaftaran tersebut ditutup kemarin secara online di situs seleksi.kominfo.go.id. Dari deretan nama tersebut, terdapat 4 orang Komisioner KIP 2009-2013, yakni Henny S. Widyaningsih, Ahmad Alamsyah Saragih, Ramly Amin Simbolon, serta Dono Prasetyo.

Aman juga menjelaskan, bahwa kerjasama dengan beberapa lembaga sudah dilakukan dan masih bisa ditindaklanjuti oleh Komisioner selanjutnya. Apalagi, ada empat Komisioner KIP yang sudah mendaftar, sehingga dapat menjaga kesinambungan lembaga.

“Saya tetap pada niat yang sama, satu periode di KIP,” ujarnya.

Beberapa nama yang sudah dikenal publik juga muncul dalam daftar nama calon yang sudah registrasi melalui online yakni Direktur Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta Dr James Pardede, mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Mochamad Riyanto, mantan Pemred Jurnal Nasional Wahyudi Marhaen Pratopo dan Koordinator Program Wahid Institute Rumadi. Selain itu, beberapa nama merupakan ketua dan komisioner KI Provinsi.

Hasil seleksi administratif akan diumumkan pada tanggal 11-13 Maret 2013. Tahapan selanjutnya adalah tes tertulis, penerimaan makalah dan feedback dari masyarakat, psikotest, wawancara dan penilaian makalah. Kemudian Pansel menyerahkan hasilnya kepada Menkominfo.

Menkominfo menyerahkannya kepada presiden dan presiden memilih dan menyerahkan kepada DPR untuk dilakukan fit and proper test. Persetujuan DPR terhadap anggota KIP kepada presiden dan presiden menetapkan anggota KIP Periode 2013-2017.

(asp/mok)