Nama 4 Orang yang Disebut Anas Cukup Kuat

Majalah InilahREVIEW Edisi ke-28 Tahun II
Nama 4 Orang yang Disebut Anas Cukup Kuat

Headline

Ahmad Yani, Anggota Timwas Century – inilah.com/Ardhy Fernando

Tim kecil dari Tim Pengawas (Timwas) Skandal Bank Century, Senin pekan lalu sekitar pukul 10.00 WIB bertemu dengan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum di kediaman di Jalan Teluk Semangka, Duren Sawit, Jakarta Timur. Kedatangan Timwas Century ini untuk mencari tahu informasi terbaru kasus dana talangan Rp 6,7 triliun kepada Bank ventury.

Lima dari 9 anggota tim kecil yang mewakili masing-masing fraksi ini dipimpin oleh Fahri Hamzah dari PKS. Informasi apa yang disampaikan Anas kepada tim ini dalam pertemuan 2,5 jam tersebut? Iwan Purwantono dari InilahREVIEW mewawancarai Ahmad Yani, salah satu anggota Timwas Century yang ikut dalam pertemuan itu, Kamis pekan lalu. Petikannya:

Apa yang diungkap Anas Urbaningrum dalam pertemuan yang berdurasi 2,5 jam itu?

Dalam pertemuan itu, Anas memang menyatakan tidak memiliki bukti-bukti dan tidak tahu pasti tentang proses pembobolan Bank Century beserta aliran dananya. Tetapi, Anas memberikan empat nama, yang dipandang tahu persis kasus Bank Century.

Kemudian, Anas sebut satu nama, kami pun terdiam. Tak berapa lama, Anas menyebut nama lain. Saya pun bertanya, apa alasan Anas menyebut nama itu? Perannya apa dalam konteks kasus Bank Century? Kemudian Anas menerangkan bahwa nama-nama yang disebutkan itu, punya jabatan atau posisi yang cukup strategis. Ada kaitannya dengan kasus Bank Century.

Bisa dijelaskan peran dari nama yang disebut Anas?

Ya, misalnya ada nama seseorang. Nah, orang itu bertanggung jawab atas surat menyurat, data atau dokumen. Ada pula nama lain, posisinya cukup penting. Memang punya kaitannya dengan kasus Bank Century. Sedangkan nama ketiga, punya kedekatan dengan satu parpol. Ya, bisalah disebut politikus.

Nama keempat yang disebut Anas?

Nah, ketika Anas menyebut nama keempat, kami cukup surprised. Karena dia, orang yang cukup dikenal. Memiliki kedekatan yang cukup kuat. Bahkan, kedekatannya sangatlah mendalam. Yang sangat paham dinamika di sana.

Siapa dia?

Bersabarlah. Orang Jawa bilang, ojo kesusu. Saya sebagai anggota tim kecil yang menjadi bagian dari Timwas Century, punya komitmen untuk tidak membukanya. Sama halnya dengan wartawan yang bisa melindungi nama nara sumbernya. Namun bisa saja Anas membukanya dalam momentum tertentu. Misalnya diungkap di depan aparat penegak hukum atau di DPR.

Kabarnya Anas juga menyebut nama seorang tokoh politik?

Ya, adalah.

Siapa dia?

Yang jelas, memang namanya dianggap mengetahui kasus Bank Century.

Ada yang berlatar belakang pengusaha?

Saya enggak mau jawab. Apakah ada yang punya usaha atau tidak, saya enggak tahu.

Menurut Anda, informasi yang disampaikan Anas penting?

Lho, informasi yang disampaikan Anas sudah jelas penting dong, karena memang ada hal-hal baru, yang selama ini belum disentuh Pansus Bank Century. Bisa saja kami tidak perlu memanggil Anas. Namun, nama-nama yang disebutnya itu, bisa dipanggil untuk diperiksa.

Apa langkah tim kecil selanjutnya?

Setelah mendapatkan informasi tersebut, kami di tim kecil rapat terlebih dahulu. Membuat kesimpulan untuk dilaporkan ke Timwas Century. Apakah Timwas Century memutuskan perlu memanggil Anas, kita lihat saja perkembangannya. Kalau saya pribadi sangat setuju kalau Anas dipanggil Timwas Century.

Selengkapnya, artikel ini bisa disimak di majalah InilahREVIEW edisi ke-28 Tahun II yang terbit Senin, 11 Maret 2013. [tjs]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Mantan Gitaris GN'R Bikin Lagu untuk Angry Birds

    Mantan Gitaris GN’R Bikin Lagu untuk Angry Birds

  • Kalah Dramatis, Villas-Boas Kecewa

    Kalah Dramatis, Villas-Boas Kecewa