Mubarok: SBY Gulirkan 2 Nama Calon Ketum di KLB

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Achmad Mubarok mengatakan Kongres Luar Biasa Partai Demokrat tidak akan dibuka bebas seperti Kongres 2010 lalu. Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono hanya akan memilih dua nama untuk dipilih kader.

“Pak SBY tidak akan membocorkan sampai menit pemilihan,” kata Mubarok kepada Metrotvnews.com, Senin (11/3).

Mubarok menegaskan SBY akan mensosialisasikan dua nama pada KLB yang akan diselenggarakan sekitar 20 Maret 2013 nanti. Tujuannya agar situasi kondusif. Sebab KLB bukan ajang pertarungan seperti halnya Kongres di Bandung, Jawa Barat 2010 lalu.

“Persyaratannya dari tokoh senior dan dalam (kader),” kata Mubarok.

Ia menekankan Majelis Tinggi PD menggelar KLB untuk mengisi kekosongan kursi Ketua Umum PD. Semua dilakukan pasca-mundurnya Anas Urbaningrum.

“Ini bukan era pertempuran, ini era penyelamatan,” kata dia.

Karena itu, Mubarok meminta seluruh DPD dan DPC Partai Demokrat harus kompak.

“Nama yang disodorkan Pak SBY itu yang dipilih. Dua nama yang dipilih secara demokratis,” tandasnya.

Jadi bagaimana dengan usulan mengusung KSAD Jenderal Pramono Edhie, Ketua MK Mahfud Md, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, hingga Menkopolhukam Djoko Suyanto, Mubarok mengatakan tidak mungkin. Ketum baru PD nanti dari internal.

Lalu seberapa besar peluang Wasekjen PD Saan Mustopa dan Wakil Ketua Dewan Pembina PD Marzuki Alie serta Ketua DPD PD Jatim Soekarwo, Mubarok mempersilakan saja mereka jika niat maju. Tapi keputusan ada di tangan SBY.

Editor: Dendi Suharyana