MT Sudah Kantongi Nama-nama Calon Pengganti Anas

JAKARTA – Ketua Pusat Pengembangan Strategi & Kebijakan DPP Partai Demokrat, Ulil Abshar Abdalla memerkirakan, ketua umum Partai Demokrat definitif pengganti Anas Urbaningrum belum akan ditetapkan dalam waktu dekat. Dia menduga, Majelis Tinggi Partai Demokrat lebih memilih untuk menunjuk pelaksana tugas (plt) ketua umum.

"Ada tiga skenario. Pertama, tetap pada skema sekarang, atau Plt, atau KLB. Saya kira kemungkinan paling besar adalah Plt," kata Ulil kepada wartawan di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (27/2).

Menurut Ulil, saat ini menetapkan ketua umum baru bukanlah prioritas partainya. Pasalnya, proses penetapan ketua umum melalui mekanisme Kongres Luar Biasa (KLB) akan menghabiskan energi partai. Energi Partai Demokrat akan dialihkan untuk melakukan upaya penyelamatan partai.

Lebih lanjut, Ulil mengatakan bahwa Majelis Tinggi telah mengantongi beberapa nama calon ketua umum. Ia berharap, siapapun ketum yang terpilih dapat meraih simpati publik.

"Dengan begitu orang tahu partai ini benar-benar berubah. Bukan nama yang mediocare, bukan nama yang tidak harus super excellent, tapi ya cukup excellent," ujarnya.

Seperti diketahui, sejak Sabtu pekan lalu Anas Urbaningrum menyatakan mundur dari jabatan Ketua Umum Partai Demokrat. Pada hari itu juga Majelis Tinggi partai yang diketuai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk dua waketum, sekjen dan direktur eksekutif untuk menjalankan roda kepengurusan Partai Demokrat. (dil/jpnn)