Menakar Nasib Partai NasDem Ditinggal Hary Tanoe

Menakar Nasib Partai NasDem Ditinggal Hary Tanoe

Headline

Hary Tanoesoedibjo mundur dari Partai NasDem – inilah.com/Ardhy Fernando

inilah.com, Jakarta – Partai NasDem harus rela kehilangan tim skuadnya yang tangguh Hary Tanoesoedibjo. Kekuatan finansial yang dimiliki Bos MNC Group ini jelas memberi dampak berarti bagi Partai NasDem. Bagaimana nasib partai yang mempopulerkan restorasi ini?

Dampak nyata atas hengkangnya Hary Tanoe dari Partai NasDem yang terang, iklan layanan masyarakat milik Partai NasDem yang selama ini tayang di media milik MNC Grup tak bakal dijumpai lagi. “Dihentikan tentu, sudah pasti, karena sudah bukan lagi kader,” kata Hary Tanoesoedibjo saat jumpa pers di Harry Tanoe Foundation, di Jakarta, Senin (21/1/2013).

Konstribusi grup MNC dalam mengiklankan Partai NasDem terkonfirmasi dalam amatan Komisi Penyiaran Inddonesia (KPI) yang menyebutkan televisi di bawah naungan grup MNC paling banyak menginklankan Partai NasDem. “Partai NasDem merupakan partai yang sering beriklan di televisi terutama di grup MNC,” kata komisioner KPI Idy Muzayyad saat dikonfirmasi.

Akibat iklan yang massif tersebut, tingkat keterpilihan Partai NasDem pun terkerek. Berbagai riset politik sejumlah lembaga riset, mengkonfirmasi signifikansi keterpilihan Partai NasDem ini. Seperti hasil riset politik Charta Politika pada 8-22 Juli 2012 lalu menempatkan Partai NasDem di urutan kelima dengan dukungan responden 4,3 persen. Hasil riset Indonesia Network Election Survey (INES) pada 5-21 Oktober 2012 lalu juga menempatkan Partai NasDem di angka 5,2 persen.

Pengamat Komunikasi Politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto berpendapat dampak nyata atas hengkangnya Hary Tanoesudibjo tidak hanya iklan politik di jejaring media grup MNC saja namun juga publisitas politik. “Yang pasti, ini kerugian besar bagi Partai NasDem, karena political publicity lebih luas dari iklan, termasuk political news framing yang kerap dilakukan oleh media di grup MNC,” papar Gun Gun saat dihubungi.

Lebih dari itu dampak politik dari keluarnya Hary Tanoesudibjo yang diikuti Sekjen Partai NasDem dan beberapa fungsionaris lainnya, Gun Gun menyebutkan akan berdampak di daerah-daerah. “Ini konflik elit yang akan melahirkan konflik di sekitarnya, termasuk di daerah-daerah, Ini cukup riskan apalagi menjelang Pemilu 2014 yang tersisa 1,5 tahun lagi,” ucap Gun Gun. [mdr]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Iniesta: Valdes Pemain Vital bagi Barca

    Iniesta: Valdes Pemain Vital bagi Barca

  • Tenaga IHSG ke 4.550, Beli Enam Saham!

    Tenaga IHSG ke 4.550, Beli Enam Saham!