Mayoritas Parpol Penuhi Kuota 30 Persen Perempuan

Mayoritas Parpol Penuhi Kuota 30 Persen Perempuan
Minggu, 12 Mei 2013 , 15:06:00 WIB

Laporan: Wahyu Sabda Kuncahyo

RMOL
  

RMOL. Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengapresiasi kemampuan partai politik memenuhi kuota minimal 30 persen bakal caleg perempuan untuk DPR RI di setiap daerah pemilihan.

“Jika dibandingkan jumlah partai dan jumlah daerah pemilihan, jumlah partai atau dapil yang belum memenuhi kuota 30 persen relatif kecil,” kata Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini di restoran Bakoel Koffie, Cikini Jakarta, Minggu (12/5).

Dia menjelaskan, fakta ini menunjukkan bahwa bukan hal sulit bagi partai untuk mengajukan calon perempuan. Sejauh mereka bersungguh-sungguh membuka kesempatan bagi tampilnya perempuan di dalam daftar caleg.

Menurut Titi, dari 12 parpol peserta Pemilu 2014, terdapat empat parpol yakni PKS, PKB, PBB dan PKPI yang belum memenuhi kuota 30 persen perempuan di beberapa daerah pemilihan. Seperti PKS di Jawa Barat VIII dan Jawa Tengah VI, PKB di DKI III dan Sulawesi Utara, PPP di Sumatera Barat I, PBB di DKI III dan PKPI di Jawa Timur VIII dan IX.

Ditambahkan Titi, empat partai tersebut masih bisa memenuhi ketentuan kuota 30 persen karena Komisi Pemilihan Umum masih memberi kesempatan untuk memasukkan bacaleg perempuan.

“Masalahnya adalah tidak mudah bagi bacaleg untuk memenuhi semua persyaratan administrasi karena waktunya semakin mepet,” katanya.

Oleh karena itu, KPU hendaknya dapat mengingatkan partai-partai yang belum memenuhi kuota keterwakilan perempuan agar segera memenuhinya. Dengan segera mengajukan caleg perempuan beserta persyaratan administasi yang harus dilengkapi.[wid]

rmol.co