Max: Jangan Ada Calon Ketua Umum Titipan

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD) Max Sopacua berharap tak ada calon Ketua Umum titipan di Kongres Luar Biasa akhir Maret 2013. Ia menginginkan kader internal yang bertarung seperti Kongres 2010.

“Pertarungan antar kader ini sudah PD buktikan pada kongres 2010 di Bandung,” kata Max kepada Metrotvnews.com, Selasa (12/3).

Menurut Max, ketika itu, Anas Urbaningrum bertanding melawan Marzuki Alie dan Andi Mallarangeng. Kondisi di Kongres 2010 membuktikan bahwa kaderisasi di PD sudah berjalan dengan baik.

Anggota Komisi I DPR itu menyesalkan sejumlah kader mengeluarkan nama KSAD Jenderal Pramono Edhie, Ketua MK Mahfud Md, dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

“Apakah sudah mulai ada pesan memesan menuju KLB ini? Semoga tidak akan terjadi,”sesal Max.

Bagi Max, calon ketua umum harus mendalami kultur PD secara utuh. Itu lebih mudah dilakukan oleh kader yang sudah terbina selama 10 tahun.

“Alangkah sedihnya kalau PD yg disebut partai kader masih mencari pemimpin yang non kader,” kata Max.

Max mengutip pernyataan Ketua Majelis Tinggi PD Susilo Bambang Yudhoyono. Jangan baru kenakan jaket biru lalu ingin menjadi pemimpin.

“Mengakomodir calon non kader bisa saja terjadi ,apabila PD yang sudah berusia 11 tahun ini tidak mampu menghasilkan pemimpin yg berasal dari kader partai. Sementara PD adalah partai kader,” tutupnya.

Editor: Laela Badriyah