Max Buka Suara Soal Nama Nonkader di Bursa Calon Ketum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bursa calon ketua umum Partai Demokrat semakin ramai. Bahkan beberapa nama yang dijagokan menjadi ketum tergolong baru dan bukan politisi senior Demokrat.

Menangggapi beberapa nama calon yang secara mendadak muncul, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua mengatakan pengisi jabatan ketum harusnya mereka yang sudah mengerti Demokrat secara utuh.  Menurut Max itu lebih mudah dilakukan oleh kader yang sudah terbina selama sepuluh tahun atau seumur dengan usianya partai berlambang bintang mercy itu.

“Jangan baru kenakan jaket biru terus mau menjadi pemimpin,” kata Max melalui pernyataan tertulisnya kepada pers, Senin (11/3).

Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, dikatakan Max telah menyampaikan bahwa sangat ironis jika Partai Demokrat yang disebut partai kader masih mencari pemimpin yang non kader. Meski diakui Max mengakomodir calon non kader bisa saja terjadi.

“Bisa saja non kader apabila Partai Demokrat yang sudah berusia 11 tahun ini tidak mampu menghasilkan pemimpin yang berasal dari kader partai. Semantara Demokrat adalah partai kader,” ungkap anggota Komisi I DPR itu.

Beberapa nama nonkader yang disebut akan meramaikan bursa calon ketum antara lain Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, KASAD Pramono Edhie, hingga Menkopolhukkam Djoko Suyanto. Sementara tokoh internal yang digadang-gadang akan maju adalah Marzuki Alie dan Syarief Hasan.