Marzuki: Tim Pengawas Century tak perlu Panggil Anas

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPR RI Marzuki Alie berpendapat Tim Pengawas DPR untuk Kasus Century tidak perlu memanggil Anas Urbaningrum karena dapat dianggap melanggar keputusan paripurna.

“Untuk apa panggil Anas? Kami harus melaksanakan keputusan paripurna. Kecuali Tim Pengawas Bank Century ingin melanggar keputusan paripurna. Kami kan melaksanakan keputusan paripurna yang merupakan keputusan tertinggi di DPR. Jangan disimpangsiurkan,” kata Marzuki ketika ditemui di Gedung Nusantara II MPR/DPR/DPD di Jakarta, Selasa (26/2).

Pimpinan DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat itu beranggapan wacana pemanggilan Tim Pengawas Century terhadap mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu diiringi munculnya orang-orang yang mengaku tahu arah aliran dana dari Bank Century, seperti mantan Gubernur Bank Indonesia Anwar Nasution.

Menurut Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu pemanggilan Anas oleh Tim Pengawas Bank Century tidak sesuai mekanisme yang ada. Tim Pengawas dibentuk untuk mengawal penegakkan hukum, bukanlah mencari fakta hukum.

“Jangan menduga-duga. Tim Pengawas Bank Century bekerja berdasarkan keputusan paripurna dalam mengawal proses penegakan hukum. Jadi, tidak ada kaitan lagi dengan Anwar Nasution. Kaitannya mengawal penegakan hukum karena DPR sudah menyerahkan kepada putusan paripurna,” ujarnya.

Setelah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengisyaratkan akan membuka sejumlah kasus, salah satunya Bank Century. Karena itu, Tim Pengawas Bank Century di DPR berencana menjadwalkan pemanggilan Anas yang dianggap memiliki banyak informasi tentang skandal yang merugikan negara hingga Rp 6,7 triliun itu. (Ant/Dor)