Kumpul di Cikeas Untuk Tentukan Pengganti Anas

BOGOR – Para ketua DPD Partai Demokrat di 33 provinsi kembali berkumpul di kediaman Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (2/3) siang. Mereka kembali dikumpulkan selang satu minggu setelah Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mundur dari jabatannya pada Sabtu (23/2).

Pantauan JPNN, para pimpinan Demokrat di daerah mulai berdatangan ke Puri Cikeas sejak pukul 12.00 WIB. Selain para ketua DPD, sejumlah pimpinan di partai berlambang bintang mercy itu juga turut hadir.

Antara lain anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Amir Syamsudin dan Syarief Hasan, Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI Nurhayati Ali Assegaf, dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Max Sopacua.

Pertemuan di kediaman SBY yang berlangsung tertutup dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Belum jelas apa hal yang dibahas dalam pertemuan. Tetapi santer dikabarkan bahwa rapat membahas jadwal pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat untuk memilih Ketua Umum pengganti Anas Urbaningrum.

Setelah Anas berhenti dari kursi ketua umum, Demokrat harus segera menentukan penggantinya. Hal tersebut terkait dengan jadwal pengajuan caleg ke KPU yang semakin dekat pada tanggal 9-15 April 2013.
 
Ada tiga opsi yang kini masih dipertimbangkan partai bentukan SBY itu. Yaitu tetap mempertahankan kepemimpinan kolektif (dua wakil ketua umum, Sekjen, dan direktur eksekutif), menunjuk pelaksana tugas (Plt) ketua umum, atau menggelar KLB untuk memilih ketua umum baru. (dil/jpnn)