KPK Periksa Mantan Direktur PLN

Kasus PLTU Tarahan
KPK Periksa Mantan Direktur PLN

Headline

Kabag Informasi dan Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha – inilah.com

inilah.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Direktur PT PLN, Hardiv Situmeang. Dia diperiksa dalam kasus dugaan korupsi Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tarahan, Lampung tahun 2004 dengan tersangka Anggota DPR dari PDIP Izedrik Emir Moeis.

“Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IEM,” terang Kabag Informasi dan Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha, Senin (4/3/2013).

Emir dijadikan tersangka karena diduga menerima suap lebih dari US$ 300.000 karena mengurusi proyek tersebut. Ketua Komisi XI DPR dari Fraksi PDIP itupun diduga melanggar pasal 5 ayat 2, pasal 12 huruf a atau b, pasal 11 atau pasal 12B Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Namun sejak ditetapkan pada 26 Juli 2012, tak sekalipun KPK memanggilnya untuk diperiksa. KPK engakui lambannya pemeriksaan terhadap Emir. Ketua KPK, Abraham Samad pernah mengatakan bahwa pengusutan kasus PLTU Tarahan terkendala hubungan dua negara yakni Indonesia dan Amerika.

Hal itu dikarenakan, PT Alstom, yang diduga memberikan uang suap kepada Emir adalah perusahaan yang berbasis di Amerika. Bahkan KPK harus jauh-jauh memeriksa saksi di Kedutaan Besar Indonesia di Amerika. [mvi]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Inilah Kunci Sukses Persib Benamkan Persija

    Inilah Kunci Sukses Persib Benamkan Persija

  • Kekayaan CT dan Keluarga Hartono Melonjak

    Kekayaan CT dan Keluarga Hartono Melonjak