Komisi X Kuker ke Turki, Yunani, dan India

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pendidikan dan Olahraga DPR berencana ke Turki, Yunani, dan India. Mereka terbang 17 Maret 2013. Tujuannya studi banding Rancangan Undang-undang Kebudayaan dan Perbukuan.

“Kunjungan ini dalam rangka penyusunan RUU Kebudayaan dan Perbukuan. Ada yang ke Turki, Yunani, dan India,” kata anggota Komisi X DPR Dedi “Miing” Gumelar, Rabu (27/2).

Menurut Miing, ada tiga rombongan yang bakal berangkat. Kuker selama enam hari. Miing mengatakan, pembahasan RUU Kebudayaan dan Perbukuan penting. Apalagi pembahasannya sudah lama terbengkalai.Tak bisa hanya sekedar melihat dari internet.

“Ini soal kebudayaan, nggak bisa dari literatur. Tak bisa lihat lewat internet. Harus dilihat secara empirik,” kata politikus PDIP ini.

Miing sendiri akan berangkat bersama rombongan ke Turki. Turki dipilih karena keberhasilannya menjaga peradaban terutama Islam. Ia berharap masyarakat merestui studi banding kali ini.

“Kita bukan melakukan sesuatu yang haram, ada aspek legalitasnya, ada payung hukumnya dan jelas outputnya undang-undang. Saya kira tidak ada produksi tanpa sebuah cost,” jelas Miing.(Andhini)