Kerusuhan Sumbawa Akibat Tokoh Agama tak Didengar

Kerusuhan Sumbawa Akibat Tokoh Agama tak Didengar

Headline

Ketua DPR Marzuki Ali – inilah.com/Ardy Fernando

inilah.com, Jakarta – Ketua DPR Marzuki Ali menilai kerusuhan yang kerap terjadi di Indonesia membuat miris kondisi Indonesia saat ini. Hal itu menyikapi kerusuhan antaretnis yang terjadi di Kabupaten Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, Selasa (22/1/2013). Bentrokan itu terjadi antara etnis Bali dan etnis Sumbawa.

Menurut Marzuki, kerusuhan yang kerap terjadi di berbagai wilayah di Indonesia menandakan bahwa peran tokoh agama dan masyarakat tak lagi didengar.

“Ada persoalan-persoalan yang selalu terjadi konflik horizontal, terus terang membuat miris kenapa hal ini selalu saja terejadi. Artinya peran tokoh masyarakat, tokoh agama, kelihatannya sudah mulai tidak banyak didengar sehingga terjadi konflik,” kata Marzukil di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (23/1/2013).

Karena itu, dia meminta pihak kepolisian dapat merespon cepat apabila terjadi kerusuhan di beberapa daerah di Indonesia. “Kepolisian harus respon cepat apabila terjadi konflik yang mengakibatkan korban dan kerugian yang besar,” tutur Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu.

Sebagaimana diberitakan, akibat kerusuhan antaretnis di Sumbawa, tercatat lima mobil dan empat rumah serta satu Hotel Tambora milik warga Bali dirusak dan dibakar warga Sumbawa. Meski begitu, dilaporkan belum ada korban jiwa maupun luka dari etnis Bali akibat kerusuhan ini.

Kerusuhan itu berawal dari adanya informasi meninggalnya seorang gadis etnis Sumbawa dengan tubuh penuh luka lebam dan pakaian dalam robek. Namun saat keluarga korban melaporkan hal tersebut ke Mapolres Sumbawa, pihak kepolisian justru menyatakan gadis tersebut tewas akibat kecelakaan, sementara keluarga korban mengaku anak gadisnya ini berpacaran dengan seorang polisi dari etnis Bali.

Akibatnya, siang tadi warga unjuk rasa di depan Mapolres Sumbawa Besar. Namun, karena jawaban dari pihak kepolisian tetap sama, warga akhirnya melakukan perusakan dan pembakaran di sepanjang Jalan Baru dan Jalan Tambora yang letaknya tak jauh dari Mapolres Sumbawa Besar. [yeh]

Rekomendasi Untuk Anda



  • “Masyarakat Sudah Lakukan Praktek Redenominasi”

  • JK: Dana Perbaikan Jakarta Bisa Dari Subsidi BBM

    JK: Dana Perbaikan Jakarta Bisa Dari Subsidi BBM