Kabareskrim: Pimpinan KPK Bisa Dipidanakan

Kabareskrim: Pimpinan KPK Bisa Dipidanakan

Headline

Kabareskrim Mabes Polri Komjen Sutarman – inilah.com/Agus Priatna

inilah.com, Jakarta – Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri Komjen Sutarman mengatakan, pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa dipidana terkait kasus surat perintah penyidikan (sprindik) Anas Urbaningrum.

“Bisalah,” kata Sutarman saat disinggung apakah Mabes Polri bisa mempidanakan pimpinan KPK, di gedung DPR Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Hanya, lanjut dia, apakah ada unsur pidananya tentu harus menunggu hasil Komite Etik KPK. Mabes Polri juga tidak bisa menerima laporan seperti mantan Ketua DPC Demokrat Cilacap, Tridianto.

“Komite Etik tidak bisa menindaklanjuti pelanggaran pidana, tapikan bisa melaporkan ke kami, kami yang tangani. Kalau memang bukan sekadar pelanggaran etika saja, serahkan pada kami,” kata Sutarman.

Dia kembali menjelaskan, pihaknya masih menunggu proses di KPK. Sehingga walau ada laporan ke Mabes Polri, selama belum ada laporan Komite Etik, maka mabes tidak akan menanggapinya.

“Saat ini kan sedang dilakukan pemeriksaan Komite Etik di KPK. Kalau dalam pemeriksaan Komite Etik ditemukan ada pelanggaran pidana, biar Komite Etik saja yang melaporkan. Kami tunggu saja proses yang berjalan di sana,” jelas mantan Kapolda Metro Jaya ini. [yeh]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Menpora Benarkan Status KLB Surat FIFA

    Menpora Benarkan Status KLB Surat FIFA

  • iPhone 5S Sudah Memasuki Masa Produksi?

    iPhone 5S Sudah Memasuki Masa Produksi?