Jusuf Kalla: Politik Indonesia mirip Kompetisi Band

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengibaratkan dirinya dalam perpolitikan sebagai penyanyi tetapi tidak punya grup band.

“Politik Indonesia itu ibaratnya kompetisi band. Partai itu band yang membutuhkan figur seorang penyanyi,” katanya seusai memberi kuliah umum di balai sidang Universitas Indonesia (UI) Depok, Selasa (26/2).

Merurut dia, Indonesia mempunyai banyak grup band dan beberapa vokalis. Golkar misalnya merupakan band yang bagus tetapi penyanyi harus lebih banyak diperbaiki. “Kalau Partai Demokrat akibat macam-macam hal jadi cerai sehingga tidak punya bas dan penyanyinya,” ujarnya.

Ketua Umum PMI itu mengatakan ada juga band kecil tetapi penyanyinya kurang terkenal. Dirinya juga menilai Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan juga Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfudz MD sebagai penyanyi yang tidak mempunyai grup band.

“Pada tahun 2013 ini band akan mencari penyanyi dan penyanyi akan menemukan bandnya yang cocok,” ujarnya.

Dikatakannya setiap partai memiliki permasalahannya masing-masing. Tak terkecuali soal populer atau tidak populernya pimpinan atau pengurus di dalam partai tersebut. (Ant/Nav)