Jumlah Calon Ketum PD tak Dibatasi

JAKARTA – Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana, menegaskan bahwa beberapa calon akan bertarung memerebutkan kursi Ketum PD sepeninggalan Anas Urbaningrum di Kongres Luar Biasa akhir Maret 2013 nanti.

Sutan menyatakan, calon Ketum PD nanti jangan ada yang pakai "topeng". "Siapapun itu (calon ketum) harus apa adanya dan bukan yang ada apanya," kata Sutan saat berbincang-bincang dengan JPNN, Senin (11/3).

Salah satu pendiri partai berlambang bintang mercy itu menyatakan, pemilihan Ketum PD di KLB nanti beda dengan Kongres Bandung 2010 yang saat itu juga untuk memilih Demokrat 1.

Menurutnya, dalam KLB ini nanti akan dibatasi. "Ya beda (dengan Kongres Bandung, 2010). Kami akan batasi biar tidak jor-joran seperti Kongres Bandung dulu," ungkap Sutan.

Ketua Komisi VII DPR itu menambahkan, siapa saja yang berminat boleh mencalonkan diri sebagai Ketum PD.

Jumlah calon nanti bisa berapa saja tidak mesti tiga orang seperti Kongres Bandung 2010 silam.  Namun, harus mendaftar sesuai dengan persyaratan-persyaratan.

"Tergantung siapa saja yang berminat dan mendaftar sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang ada," papar Sutan.

Saat ditanya apakah dirinya juga akan maju bertarung dalam pemilihan Ketum PD di KLB nanti, dengan santai Sutan menjawab, "Saya kan tidak bisa pakai topeng."

Seperti diketahui, Anas Urbaningrum menyatakan berhenti sebagai Ketum PD, sehari setelah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus dugaan gratifikasi proyek Hambalang pertengahan Februari 2013.

Sampai saat ini belum ada pejabat definitif Ketum PD pengganti Anas.  (boy/jpnn)