Jenderal Moeldoko KASAD Baru?

Jenderal Moeldoko KASAD Baru?
Minggu, 12 Mei 2013 , 06:24:00 WIB

Laporan: Ujang Sunda

RMOL. Nama pengganti Jenderal Pramono Edhie nampaknya sudah makin jelas. Sumber di internal TNI menyatakan, Letjen TNI Moeldoko sudah resmi ditunjuk Presiden SBY untuk menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat alias KASAD. Surat pengangkatannya sudah ditandatangani dan pelantikannya direncanakan digelar pada 23 Mei ini.

Namun, Moeldoko hanya akan tiga bulan menjabat KASAD. Selanjutnya dia akan diangkat menjadi panglima TNI untuk menggantikan Laksamana Agus Suhartono yang akan pensiun Agustus nanti. Posisi KASAD kemudian akan diisi Letjen Munir yang saat ini menjabat Pangkostrad.

Anggota Komisi I DPR Max Sopacua sudah mendengar kabar pengangkatan Moeldoko ini. Namun, Wakil Ketua Umum Demokrat ini belum bisa memastikan.

“Saya membaca memang demikian. Tapi pastinya belum tahu, karena belum resmi,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka Online, Sabtu malam (11/5).

Kata Max, pemilihan KASAD adalah otoritas Presiden. Yang berhak mengumumkannya juga tentu presiden.

“Jadi, kita tunggu saja resminya nanti. Kalau sudah resmi, pasti dipublikasikan,” imbuhnya.

Namun begitu, Max menilai, kalau memang betul Moeldoko sudah ditunjuk, itu adalah opsi terbaik. Saat ini Moeldoko adalah wakilnya Pramono Edhie. Sebagai wakil KASAD, Moeldoko tentu sudah paham betul tugas seorang KASAD. Program dan kebijakan yang akan dijalankannya nanti juga akan lebih efektif.

Max sebenarnya tidak terlalu dekat dengan Moeldoko. Max hanya kenal Moeldoko saat rapat-rapat Komisi I dengan TNI. Namun, dari beberapa kali pertemuan dia bisa menyimpulkan bahwa Moeldoko adalah figur yang luwes dan fleksibel.

“Bergaulnya bagus sekali,” ucapnya.

Kalau betul Moeldoko sudah ditunjuk, tambahnya, tentu sudah melalui pertimbangan matang. Sebab, SBY tidak mungkin sembarangan dalam menjuk seorang KASAD.[dem]