Jejak Politik Misbakhun dari PKS ke Partai Golkar

Jejak Politik Misbakhun dari PKS ke Partai Golkar

Headline

Misbakhun – inilah.com

inilah.com, Jakarta – Politikus Misbakhun akhirnya memutuskan memilih Partai Golkar setelah lama berkarir di Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Di tengah upaya kebangkitan PKS pasca-tersangkutnya mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq dalam kasus korupsi akhir Januari lalu, Mukhamad Misbakhun memutuskan hijrah dari PKS ke Partai Golkar.

Ia mengaku telah berpamitan dengan Presiden PKS Anis Matta dan sejumlah fungsionaris PKS lainnya. “Itu saya lakukan untuk menjunjung tinggi etika politik yang baik, untuk menjaga hubungan baik dan tali silaturahmi,” ujar Misbakhun kepada wartawan di Jakarta, Jumat (8/3/2013).

Dalam kesempatan tersebut, Misbakhun juga mengatakan perpindahan dirinya dari PKS ke Partai Golkar tidaklah dipicu oleh suatu masalah. Justru Misbakhun secara terang mengakui, karir politiknya di pentas nasional tak dimungkiri berasal dari PKS. “Karir awal saya di dunia politik nasional dibesarkan oleh PKS,” aku Misbakhun.

Terkait dengan pilihan politiknya yang bergabung ke Partai Golkar, Misbakhun mengatakan dirinya memiliki alasan dan pertimbangan. Ia pun telah mengikuti orientasi sebagai fungsionaris Partai Golkar. “Saya ingin menjadi bagian dari sejarah cemerlang Partai Golkar dimasa yang akan datang untuk membangun bangsa dan negara,” cetus Misbakhun.

Jejak politik Misbakhun di pentas nasional dimulai sejak dirinya duduk sebagai anggota DPR dari Fraksi PKS periode 2009-2014. Tak lama duduk di Senayan, Misbakhun bergabung dengan Tim Sembilan Insiator Angket Century. Buah perjuangan Tim Sembilan berhasil, Panitia Angket Century terbentuk. Misbakhun diketahui sebagai aktor penting dalam suksesnya angket Century.

Namun, jejak gemilang Misbakhun dalam kasus Century dengan seketika terhenti pada 26 April 2010. Politikus berdarah nahdliyin ini dijebloskan di rumah tahanan negara (Rutan) Bareskrim Mabes Polri. Ia dijerat dalam dugaan pemalsuaan dokumen dalam Letter of Credit (L/C) PT Selalang Prima Internasional (SPI).

Proses hukum atas Misbakhun terus berjalan. Saat di PN Jakarta Pusat, bekas pegawai pajak ini diganjar 1 tahun penjara. Saat banding di tingkat Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Misbakhun diganjar 2 tahun penjara. Begitu juga saat kasasi, Mahkamah Agung (MA) memperkuat putusan PT DKI. Namun, saat Peninjauan Kembali (PK), Mahkamah Agung membebaskan Misbakhun dari segala tuduhan. Misbakhun dinyatakan bebas murni dan direhabilitasi nama baiknya.

Sukses mencari keadilan melalui jalur hukum tampaknya tak linier dalam proses politik di PKS. Saat Misbakhun sedang berjuang mencari keadilan, Misbakhun 'dipaksa' mundur dari keanggotaannya dari DPR pada 2011. Belakangan diketahui, Misbakhun tak pernah teken surat kemunduran diri dari anggota DPR.

Pasca-putusan PK MA yang berupa bebas murni kepada Misbakhun, upaya politik Misbahkun terus bergulir. Ikhtiar untuk mendapat rehabilitasi dari PKS terus diupayakan. Namun apa lacur, hingga Misbakhun memutuskan hijrah ke Partai Golkar, tak pernah muncul rehabilitasi dan pengembalian hak politik dari PKS.

Lebih dari itu, awal tahun ini, Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq saat masih aktif menjadi orang tertinggi di PKS menyebutkan peluang Misbakhun maju dalam Pileg 2014 tertutup dari PKS. “Belum ada nama Misbakhun untuk dicalonkan lagi sebagai calon legislatif,” kata Luthfi di Jakarta, Rabu (1/1/2013).

Luthfi menuturkan seseorang tidak boleh mendaftarkan diri untuk menjadi caleg. Menurut dia, mekanisme di internal PKS adalah assessment lapangan dari daerah pemilihan (Dapil) serta pertimbangan struktur partai. “Jika sudah tidak lagi dianggap representasi partai, mungkin tidak lagi dicalonkan,” kata Luthfi saat itu.

Namun, tak selang sebulan kemudian, melalui Ketua Fraksi PKS Hidayat Nurwahid, Fraksi PKS secara resmi meminta kepada DPP PKS agar mencalonkan Misbakhun sebagai calon anggota legislatif DPR RI. “Sebagai komitmen PKS terhadap pemberantasan korupsi, untuk Periode 2014-2019, Fraksi PKS mengusulkan kepada DPP untuk secara khusus mengajukan Saudara Misbakhun sebagai Calon Anggota DPR RI dari PKS,” kata Ketua Fraksi PKS Hidayat Nurwahid di ruang Fraksi PKS DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Jalan politik Misbakhun menuju Partai Golkar cukup panjang dan berkelok. Ikhtiar hukum yang menghasilkan sukses bagi Misbakhun nyatanya tak linier dengan upaya politik yang ia tempuh di internal PKS. Kini, kaki politik Misbakhun melangkah ke partai belambang beringin. Publik menanti kiprah politiknya di pentas nasional seperti saat awal menginjakkan di Senayan. [mdr]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Mancini Bantah City Kejar Rooney

    Mancini Bantah City Kejar Rooney

  • Tak Jadi 20 Seri, FIA Rilis Jadwal Terbaru F1

    Tak Jadi 20 Seri, FIA Rilis Jadwal Terbaru F1