Irman Gusman belum Tentukan Sikap terkait Tawaran Demokrat

Metrotvnews.com, Solo: Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengaku menerima tawaran untuk mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat.

Namun, dia belum menentukan sikap terkait tawaran tersebut.

“Sebagai anak bangsa saya siap ikut proses itu, tapi saya sampai hari ini belum menyatakan kesiapan,” katanya seusai memberikan materi pada acara Pertemuan Regional Forum Rektor Indonesia se-Jateng di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (11/5).

Irman menuturkan, tawaran tersebut datang dari Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa waktu lalu, seusai pertemuan antara DPD dengan Presiden di istana negara. Waktu itu SBY mengatakan Partai Demokrat akan menyelenggarakan konvensi calon presiden dan memintanya untuk ikut serta.

“Kebetulan kan saya baru menjadi warga kehormatan Kopassus, jadi mengertilah istilah-istilah militer seperti siap dan sebagainya. Jadi jawaban saya waktu itu siap kalau diperintahkan,” katanya.

Jawaban itu, menurut Irman, bukan tanpa alasan. Ia paham bagaimana mekanisme yang berlaku di partai, konvensi hanya berlaku sebagai basic dan keputusan ada di majelis tinggi. Tapi pada prinsipnya dia mengaku siap untuk ikut kalau memang diminta.

Irman mengklaim dirinya juga mendapatkan cukup banyak dukungan dari anggota DPD. Ketika menghadiri sebuah acara di Papua Barat misalnya, secara spontanitas masyarakat disana mendeklarasikan dukungan kepadanya untuk menjadi capres.

“Bagi saya biar mengalir saja, tapi yang jelas kami disatukan visi yang sama bagaimana memajukan daerah,” pungkasnya. (Ferdinand)

Editor: Edwin Tirani

metrotvnews.com