Inilah Alasan di Balik KLB Demokrat

Inilah Alasan di Balik KLB Demokrat

Headline

Direktur Eksekutif Indobarometer M.Qodari – inilah.com/Agus Priatna

inilah.com, Jakarta – Direktur Eksekutif Indobarometer M.Qodari menilai, alasan Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk melaksanakan Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat memiliki banyak faktor.

“Pertama, sudah ada info dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) bahwa hanya tanda tangan Ketum definitiflah yang diterima untuk DCS (Daftar Caleg Sementara) Partai Demokrat,” jelas Qodari, di Jakarta, Minggu (10/3/2013).

Dalam aturan KPU dan Undang-undang (UU) Pemilu, dikatakan bahwa DCS harus melalui tanda tangan Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal (Sekjen). Atau yang disebut dengan nama lain seperti Presiden partai. Sementara di aturan Partai Demokrat juga tidak mengatur secara jelas tentang Plt.

“Kedua, SBY ingin segera memastikan konsolidasi organisasi dan kader PD dapat dilakukan dengan adanya Ketum baru. Ketiadaan Ketum definitif membuat transisi PD jadi berkepanjangan,” jelas Qodari.

Alasan lain, jelas Qodari, dengan adanya Ketum baru hasil dari KLB, maka posisi Anas Urbaningrum yang berhenti sebagai Ketum menjadi jelas.

“Sebagaimana diketahui, AU menyatakan berhenti dan bukan mundur. Anas juga tidak menyerahkn surat tertulis. Terpilihnya Ketum baru produk KLB dapat menghentikan polemik soal jabatan Ketum PD saat ini,” terangnya.

Dia menilai, sebaiknya memang Majelis Tinggi Partai Demokrat menginisiasi diselenggarakannya KLB. Agar terkesan kalau SBY menjalankan aspirasi dari kader-kader Demokrat.

“Memang sebaiknya inisiatif KLB datang dari Majelis Tinggi. Jika datang dari permintaan DPD atau DPC akan timbul opini bahwa SBY tidak memahami aspirasi pengurus daerah. Hal mana dapat meruntuhkan wibawa SBY,” ucap Qodari. [mes]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Conte Akui Stres Pertahankan Gelar Seri A

    Conte Akui Stres Pertahankan Gelar Seri A

  • Belum Ada Gol di Laga Inter Kontra Bologna

    Belum Ada Gol di Laga Inter Kontra Bologna