free web stats

example banner

Ini Tahapan Konvensi Partai Demokrat

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua di Jakarta, Sabtu (6/7), menjelaskan sistem konvensi semi terbuka akan diawali dengan tahapan pre eliminary convention atau babak penyisihan.

Proses primarily convention akan dimulai pada September mendatang. Kemudian, Januari 2014 hingga Maret 2014, proses konvensi utama akan digelar.

Pada tahap pre eliminary, yang menjadi acuan, salah satunya yakni hasil lembaga survei menjadi salah satu acuan. Artinya tidak serta-merta semua peserta boleh masuk. Syaratnya adalah memiliki tingkat elektabilitas yang baik sehingga layak dicalonkan sebagai calon presiden (Capres).

Dari beberapa yang masuk tahap primarily convention, akan diberikan kesempatan paparkan visi dan misinya. Seusai primarily convention, dilanjutkan tahap semifinal. Pada tahap ini akan dipilih lima terbaik.

Dari lima itu kemudian diserahkan ke rakyat untuk dinilai, melalui mekanisme survei. Rakyat bisa memberi penilaian dan menentukan siapa yang bisa masuk final. Tahap final dilakukan setelah pemilihan legislatif (Pileg) 2014.

Seperti diketahui, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan mendeklarasikan penyelenggaraan konvensi calon presiden Partai Demokrat pada Minggu (7/7) di Jakarta. (Akhmad Mustain)

Editor: Agus Tri Wibowo

metrotvnews.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below