Ini Suasana Perbincangan Anas dan Timwas Century

Ini Suasana Perbincangan Anas dan Timwas Century

Headline

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum – Inilah.com/istimewa

inilah.com, Jakarta – Pertemuan tim kecil Timwas Century dengan Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum masih menyimpan misteri. Pasalnya tidak ada yang mengetahui secara pasti apakah saat pertemuan itu Anas benar-benar menyampaikan nama-nama orang terkait kasus Bank Century.

Tim kecil Timwas Century yang menyambangi kediaman Anas adalah Fahri Hamzah (F-PKS), Ahmad Yani (F-PPP), Syarifuddin Sudding (F-Hanura), Hendrawan Supratikno (F-PDI Perjuangan), dan Chandra Tirta Wijaya (F-PAN).

Dalam keterangan sebelumnya, tim kecil Timwas Century menyebutkan jika dalam pertemuan itu, Anas mengungkapkan beberapa nama orang terkait kasus Century. Namun tim kecil Timwas ini tak mau membeberkan siapa saja nama yang disebutkan Anas.

Hal ini yang menjadi polemik dibeberapa pihak bahkan kalangan DPR. Akibat polemik ini muncul beberapa spekulasi nama-nama orang yang disebut Anas.

Anggota Timwas Century Hendrawan Supratikno mengungkapkan proses dan suasana perbincangan Timwas Century dengan Anas dikediamannya.

Pada saat itu, anggota Timwas Century seperti Ahmad Yani datang lebih awal di rumah Anas. Setelah Yani, menyusul Fahri Hamzah, Sudding, dan dirinya yang baru tiba di Jakarta setelah kembali dari Semarang.

Kedatangan empat anggota Timwas Century itu disambut langsung oleh Anas dan kemudian diajak masuk kedalam rumah Anas. Setelah masuk Anas kemudian mengajak empat anggota Timwas itu untuk menuju ke sebuah ruangan di dalam rumahnya.

Ketika itu, Anas hanya seorang diri dan hanya mengenakan pakaian sederhana. “Begitu masuk di dalam ruangan, dia juga langsung pasang TV keras-keras. Karena ini kan informasi rahasia, jadi SOP-nya seperti itu,” ujar Hendrawan, Rabu (6/3/2013).

Hendrawan mengatakan, pembicaraan awal Timwas Century dengan Anas bukan terkait dengan kasus Century. Karena perbincangan awal yang disampaikan oleh Timwas hanya sebatas mengenai kondisinya pasca ditetapkan sebagai tersangka kasus Hambalang dengan sedikit menyinggung kasus tersebut.

Namun, pembicaraan itu tidak berlangsung lama karena Fahri Hamzah langsung membuka pembicaraan tentang maksud kedatangan Timwas Century ke rumah Anas.

“Akhirnya pak Fahri sampaikan tujuan kami datang untuk menindaklanjuti niat Mas Anas yang mau bongkar informasi yang dimilikinya,” imbuhnya.

Setelah mendengar maksud dan tujuan kedatangan Timwas ke rumahnya, Anas tak banyak membicarakan soal Century, karena menurutnya seluruh data telah berada ditangan KPK. Namun tiba-tiba Anas langsung membuka diri untuk menyampaikan informasi terkait dengan kasus Century. Sebelum menyampaikan informasi itu, Anas sempat meminta kesepakatan Timwas untuk tak membocorkan kepada siapaun terkait informasi tersebut.

“Kami sepakat tidak akan membuka pembicaraan itu. Akhirnya, dia membuka obrolan tentang sejumlah nama. Namanya banyak sekali, tapi pembicaraan nama-nama itu terkait konteks peristiwanya,” ungkapnya.

Pembicaraan serius terkait kasus Century itu akhirnya berakhir setelah dua jam perbincangan. Kemudian anggota Timwas pun pamit untuk kembali ke DPR. Namun saat itu Anas malah meminta kepada anggota Timwas untuk tak langsung pulang karena dirinya telah menyiapkan santap makan siang untuk tamu yang hadir. Saat itulah, salah satu anggota Timwas Century dari Fraksi PAN, Chandra Tirta Wijaya baru tiba di rumah Anas..

Hendarwan menyimpulkan dari pembicaraan dengan Anas tersebut dapat ditarik kesimpulan setidaknya ada enam nama orang baru yang disebut oleh Anas terkait Century. “Satu nama di antaranya tidak relevan, satu sudah meninggal dunia, jadi tinggal empat nama baru ini,” katanya.

Empat nama baru itu terdiri dari tiga politisi Partai Demokrat dan satu lainnya non-Demokrat. “Dua orang dari pemerintah, dua lainnya non pemerintah,” tandasnya.

Meski begitu, Hendrawan tetap bersikukuh enggan membeberkan siapa empat nama yang diungkapkan oleh Anas tersebut, karena telah mempunyai kesepakatan dengan Anas. [ton]

Rekomendasi Untuk Anda


  • Jeda Babak, PSG Tahan Gempuran Valencia

    Jeda Babak, PSG Tahan Gempuran Valencia

  • Dominan, Juventus Ungguli Celtic

    Dominan, Juventus Ungguli Celtic