‘Ical sudah Keluarkan Dana Cukup Besar untuk Lapindo’

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPP Partai Golkar Yorrys Raweyai mengatakan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie beserta keluarga sudah mengeluarkan dana cukup besar untuk membayar ganti rugi korban PT Lapindo Brantas.

Menurut Yorrys, Ical–sapaan Aburizal–merasa punya kewajiban moral untuk menuntaskan masalah tersebut.

“Keluarga Bakrie sudah mengeluarkan dana cukup besar secara pribadi untuk selesaikan kasus Lapindo. Dari aspek hukum sudah ditetapkan sampai ke MK bahwa (semburan lumpur itu) force majeure. Tapi, tanggung jawab moral harus dilakukan,” kata Yorrys kepada Metrotvnews.com, Jumat (15/2).

Kasus Lapindo kembali mencuat ke permukaan menyusul pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Kamis (14/2). SBY meminta agar Lapindo segera melunasi biaya ganti rugi korban semburan lumpur. SBY juga meminta Lapindo jangan mempermainkan rakyat.

Menanggapi hal tersebut, Yorrys mengatakan Partai Golkar tak menganggap pernyataaan SBY merupakan bentuk serangan kepada Ical. Partai Golkar justru melihat SBY sebagai Kepala Negara ingin melindungi rakyatnya karena persoalan ganti rugi Lapindo sudah berlarut-larut selama enam tahun.

Golkar pun meminta media massa membedakan kasus Lapindo terhadap Ical sebagai Ketua Umumnya dan pemilik minoritas saham PT Lapindo yang merupakan perusahaan terbuka. Partai berlambang pohon beringin itu sepakat nasib rakyat harus ditanggung pelaku proyek tersebut dan hal itu menjadi wajib hukumnya.

“Saya berpikir apa yang disampaikan SBY sebagai negarawan. Pemerintah bisa membantu lewat APBN di samping dari perusahaan,” kata anggota Komisi I DPR RI tersebut. (Andhini/Nav)